telset

Pesut Mahakam Kembali Muncul, Netizen Gembira

Telset.id, Jakarta – Kemunculan ikan Pesut Mahakam menghebohkan warganet. Kemunculan ikan pesut membuat netizen gembira karena ikan tersebut termasuk kategori hewan langka dan jarang terlihat.

Video kemunculan ikan Pesut Mahakam pertama kali diunggah oleh Syariful Bahri melalui akun Twitter @BahriBpp pada Senin (20/07/2020).

Syariful mengunggah video berdurasi 54 detik berisi kemunculan ikan Pesut Mahakam di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Syariful menyatakan jika lokasi penemuan Pesut Mahakam berada di aliran Sungai Mahakam tepatnya kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

{Baca juga: Netizen Ratapi Kepergian Eyang Sapardi Djoko Damono}

“Kejadian yg skrg sangat langka d sungai Mahakam,” cuit @BahriBpp.

Video tersebut menjadi viral dan perbincangan netizen. Mayoritas netizen merasa gembira karena Pesut Mahakam hidup di sungai Mahakam hingga sekarang.

Misalnya akun @powrenjer yang berharap semoga ikan Pesut bisa terus hidup dan berkembang biak di sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

{Baca juga: Internet IndiHome Mati, Netizen “Ngomel-ngomel” di Twitter}

“Allahamdulillah masih belum punah Semoga lestari, dan berkembang biak, agar anak cucu kita bisa mengenal mamalia asli sungai mahakam ini,” cuit @powrenjer.

Selanjutnya dari akun @anotherme666 juga merasa gembira sambil berharap agar masyarakat bisa menjaga ekosistem sungai Mahakam.

“Tolong di jaga baik baik ya rawat juga sungai nya.seneng liat mereka muncul lagi,” cuit @anotherme666.

Berbeda dengan akun-akun sebelumnya, @MrajaDm berharap semoga kehadiran Pesut Mahakam dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Kota Samarinda dan sungai Mahakam yang membela kota tersebut.

“Kekayaan alam Indonesia yang harus dilestarikan kemudian bisa memikat pengunjung untuk menikmati alam Nusantara,” cuitnya.

Ternyata ada netizen lain yang turut merekam kejadian yang sama. Akun @sayasaidd membagikan video yang direkam temannya di Desa Pela Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam video berdurasi 7 detik juga memperlihatkan beberapa Pesut yang sedang bermain di sungai.

{Baca juga: Mpok Omas Meninggal, Netizen: Selamat Jalan Mpok!}

“Ni temen saya pun beruntung rekam lansung waktu kami kunjungan ke desa Pela Kota bangun Kukar bulan ini.. disana memang kita dapat melihat ikan pesut lansung pada pagi hari dan sore hari,” cuit @sayasaidd.

Pada postingan lain Arie Saputra melalui @rhiieedhiiee juga membagikan pengalamannya saat bertemu dengan hewan langka asal Kalimantan Timur beberapa hari yang lalu.

“Lgi rame org posting video pesut mahakam..lah saya yg ngerekam bru posting sekarang,” tambahnya.

Pesut Mahakam Langka

Pesut Mahakam adalah jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar dengan nama latin Orcaella brevirostris. Sesuai namanya ikan ini hidup di Sungai Mahakam yang terletak di Kalimantan Timur.

Fisiknya cukup unik. Tubuhnya polos berwarna abu-abu dengan gradasi abu muda sampai abu tua. Pesut memiliki panjang sekitar 1,5 meter sampai 2,8 meter dengan berat mulai dari 114 kilogram sampai 133 kilogram.

Lalu bentuk kepalanya bulat dan matanya kecil. Sirip punggungnya kecil dan berbentuk bundar dengan posisi di belakang pertengahan punggung.

{Baca juga: Pencipta Lagu Anak, Papa T Bob Meninggal, Netizen Berduka}

Sirip di dadanya juga lebar dan membulat, dahinya bundar, dan tak memiliki moncong seperti lumba-lumba pada umumnya. Seiring perubahan lingkungan, jumlah Pesut semakin menyusut di sungai Mahakam.

Kabarnya populasi ikan tinggal 80 ekor saja di perairan sungai-sungai Kalimantan dan menempati urutan tertinggi sebagai daftar satwa Indonesia yang terancam punah. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0