Telset.id, Jakarta – Hasil studi terkini dan statistik nasional menunjukkan bahwa masyarakat di Jabodetabek membuang waktu selama 3,63 juta jam per hari untuk menunggu akibat kemacetan lalu lintas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebiasaan online orang selama menunggu, Opera mengadakan sebuah survei yang mencakup sembilan kota besar di Indonesia.
Hasilnya sebanyak 78% responden menyatakan bahwa menunggu terasa lebih baik jika mereka memiliki koneksi Internet. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan responden yang menyatakan bahwa mereka memilih berbincang dengan teman atau keluarga mereka.
Survei ini juga mengungkapkan makna penting Internet bagi orang. Tujuh dari sepuluh responden mengatakan bahwa mereka rela mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan koneksi internet kala menunggu.
Survey ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 dan melibatkan lebih dari 1.000 responden dari sembilan kota besar di Indonesia yang menjalani gaya hidup urban sebagai komuter. Survei ini memungkinkan responden memilih lebih dari satu jawaban dan hasilnya adalah sebagai berikut: 78% responden menyatakan bahwa menunggu terasa lebih baik jika mereka memiliki koneksi Internet.
Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan responden yang menyatakan bahwa mereka lebih memilih berbincang bersama teman atau keluarga mereka (52,9%), atau bahkan sambil menikmati makanan atau minuman (40%).
Hasil survei Opera juga menyatakan bahwa “browsing” (berselancar) dan “menggunakan aplikasi media sosial” termasuk dalam tiga pilihan utama komuter yang menggunakan ponsel pintar mereka saat menunggu.
Satu hal yang patut diperhatikan: hasil survei ini tidak merefleksikan komuter di DKI Jakarta semata. Sebab, survei ini dilaksanakan di sembilan kota besar di Indonesia. Oleh karena itu, mengingat bahwa masalah ini berdampak terhadap kehidupan jutaan penduduk Indonesia, Opera memandang hal ini sebagai sebuah tantangan yang dapat diubah menjadi peluang.
“Kami percaya bahwa setiap detik merupakan investasi bagi masa depan Indonesia yang lebih baik. Opera menyadari bahwa banyak sekali waktu yang terbuang oleh komuter Indonesia setiap hari. Sesungguhnya, ada banyak cara untuk membuat saat menunggu menjadi lebih menyenangkan dan produktif dengan memanfaatkan Internet,” ujar Sunil Kamath, Vice President South Asia & South East Asia Opera Software.
Oleh karena itu, kami ingin mewujudkan dan mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan waktu menunggu dengan lebih baik, yang pada akhirnya dapat digunakan untuk mencapai hal-hal menarik dalam hidup melalui #DaripadaNunggu.
Gerakan #DaripadaNunggu untuk mendorong masyarakat memaksimalkan pemanfaatan waktu saat menunggu. Gerakan sosial #DaripadaNunggu bertujuan untuk menghemat satu juta jam yang biasanya menjadi sia-sia akibat tidak produktif saat menunggu. (MS)