Pendiri Apple Jijik dengan Facebook

Jijik dengan Facebook

Telset.id, Jakarta – Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak merasa Facebook tak mengelola dan melindungi data para penggunanya dengan baik. Karenanya, “The Woz” pun merasa jijik dengan Facebook sehingga memutuskan untuk menghapus akun Facebook pribadinya.

“Ini seharusnya menganggu kita semua. Berapa banyak data yang bisa mereka akses, seperti profil yang dianggap pribadi,” katanya, seperti dikutuip dari CNNMoney, Selasa (10/04/2018).

“Saya jijik dengan Facebook,” tegasnya.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Disidang, Jack Ma Beri Semangat

Wozniak menyatakan bahwa dirinya merasa tak nyaman ketika menggunakan media sosial, termasuk Facebook. Menurutnya, selama ini media sosial dapat “menjual” berbagai informasi pengguna seperti foto, data pribadi serta informasi lainnya dan menghasilkan keuntungan dari informasi tadi.

“Tapi seperti kita semua, saya mengklik ‘Terima’ atau ‘Ok’ atau sesuatu dan menyerahkannya ke Facebook. Saya selalu merasa tak nyaman dengan media sosial yang mampu menjual barang-barang saya seperti foto saya, dan mendapatkan hasilnya dari itu,” jelas Wozniak.

The Woz juga membandingkan cara Facebook dengan cara kerja Apple dalam urusan melindungi data para penggunanya. Dikatakannya, Facebook tidak melindungi data pengguna seperti yang Apple lakukan.

Baca Juga: Wozniak: Facebook Dapat Untung dari Pengguna

Ia menilai, bukannya melindungi data pengguna, raksasa media sosial tersebut malah mendapatkan keuntungan dari informasi penggunanya karena itu merupakan produk sebenarnya dari Facebook. Alhasil, media sosial besutan Mark Zuckerberg ini dapat menghasilkan keuntungan dari informasi pengguna yang diperolehnya.

“Ini berubah menjadi uang tetapi tidak ada yang dikembalikan kepada Anda yang telah memberikan datanya,” ucapnya.

“Siapapun bisa masuk ke bagian ‘Settings’ di Facebook dan melihat-lihat bagian iklan di sana untuk mengetahui apa yang membuat saya merasa jijik,” tegasnya kembali. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here