PB Djarum Stop Audisi, Netizen Serukan Tagar #bubarkanKPAI

Telset.id, Jakarta – Mulai tahun depan audisi atlet bulu tangkis yang diselenggarakan PB Djarum akan dihentikan. Penghentian tersebut menimbulkan respon dari netizen yang menuding Komisi Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai biang kerok masalah.

Sebagai bentuk protesnya, jagat maya hari ini dibanjiri hujatan netizen pada KPI. Aksi protes tersebut diluarkan netizen dengan menyerukan tagar #bubarkanKPAI dan #KamiBersamaKPAI.

Kasus ini bermula saat PB Djarum mengumumkan lewat akun twitter @PBDjarum pada Sabtu (07/09/2019) jika 2019 merupakan tahun terakhir audisi  digelar.

{Baca juga: Pak Sutopo Meninggal, Netizen Berduka Serukan #RIPSutopo}

Langkah ini dilakukan akibat polemik khususnya dari Komisi Perlidungan Anak Indonesia (KPAI) yang menilai ada unsur eksploitasi anak khususnya penggunaan anak sebagai promosi produk.

“Kemudian pada audisi kali ini juga saya sampaikan sebagai ajang untuk pamit sementara waktu, karena di tahun 2020 kita memutuskan untuk menghentikan audisi umum” jelas Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, lewat keterangan resminya. 

Sontak warganet pun merespon. Tagar #bubarkanKPAI mulai ramai di twitter berdasarkan pantuan dari Trends24 pada Senin (09/09/2019) tagar tersebut menduduki peringkat pertama mengalahkan tagar-tagar lainnya yang dibicarakan netizen pada hari ini.

Netizen bernama Ninas Madridista alias @itsmeGladis menilai jika, PB Djarum adalah tempat untuk mencetak atlet-atlet bulu tangkis berprestasi sehingga amat sayang jika program tersebut dihentikan.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Yeha Regina Citra Mahardika lewat akun twitter @reginamahardika. Menurutnya KPAI tidak melihat bahwa banyak sinetron yang tidak mendidik yang memberikan dampak lebih buruk bagi anak-anak.

{Baca juga: Ramai Tagar #RakyatMenolakPutusanMK, Ada Apa Lagi?}

Tetapi perlahan ada juga netizen yang membela KPAI. Dengan tagar #KamiBersamaKPAI mereka menyetujui penilaian KPAI bahwa terjadi eksploitasi anak dalam audisi bulu tangkis yang dilakukan PB Djarum. Menurut Dody lewat akun @Bangdody1

Hal yang sama juga dikatakan oleh Wahyu Ongkosongko dalam akun @Wahyu9. Dirinya berharap jika KPAI nantinya akan membangun ajang pembinaan olahraga yang independen tanpa campur tangan dari pihak swasta bahkan produk rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here