Para Ilmuwan Ciduk “SpongeBob” Laut Sedang Bersin-bersin

SpongeBob

 Telset.id, Jakarta  – Anda mungkin tidak berpikir kalau memiliki banyak kesamaan dengan makhluk yang menghuni dasar laut dalam. Sebagian besar hewan yang menanggung tekanan kuat dan kurang sinar matahari benar-benar aneh. Salah satunya adalah SpongeBob alias ubur-ubur.

Spons laut seperti di film SpongeBob adalah satu makhluk seperti itu. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yang mengejutkan, satu variasi khusus spons laut, yang disebut spons kaca, memiliki kesamaan dengan manusia.

{Baca juga: Demi Jelajahi Lautan Dunia, Ilmuwan Ciptakan Ubur-ubur Bionik}

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Rabu (4/3/2020), spons kaca ternyata bisa bersin seperti halnya manusia.  Para ilmuwan dari Monterey Bay Aquarium Research Institute menangkap cuplikan kejadian itu.

Mereka merekamnya selang waktu dari dasar laut lepas California. Para peneliti yang mempelajari rekaman melihat perilaku aneh spons kaca. Spons kaca, yang terdiri dari tangkai dengan “gelas” putih, mengembang dan berkontraksi.

Pada awalnya, para ilmuwan bingung oleh perilaku aneh spons kaca. Namun, mereka akhirnya bisa menemukan penjelasan masuk akal.  “Ada preseden untuk spons berkontraksi dan berkembang,” ucap Amanda Kahn, rekan penulis penelitian.

Spons laut adalah pengumpan filter. Mereka menangkap apa pun partikel kecil yang mengapung ketika air mengalir. Namun, tidak semua yang terperangkap dalam spons dapat dimakan. Spons lebih efisien dalam mendapatkan nutrisi.

Perilaku “bersin” ini dianggap sebagai reaksi alami spons terhadap bahan yang tidak diinginkan. Mereka mengeluarkan sedikit iritasi yang tertangkap sebelum bersantai lagi dan melanjutkan perilaku makan normal di dasar laut dalam.

{Baca juga: Bahaya! Panas Lautan Setara Miliaran Ledakan Bom Hiroshima}

Setiap spons bersin, durasi waktunya bisa berlangsung selama satu jam atau selama beberapa minggu. Dalam gambar time-lapse, spons memang bersin dalam waktu pendek. Kejadian itu memakan waktu cukup lama untuk spons kecil.

SOURCENew York Post
Previous articleDijual Resmi, Harga Trio Samsung Galaxy S20 Mulai dari Rp 12,9 Jutaan
Next articleDibanderol Rp 21,8 Jutaan, Galaxy Z Flip Resmi Sambangi di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here