Pak Sutopo Meninggal, Netizen Berduka Serukan #RIPSutopo

Telset.id, Jakarta – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (07/07/2019) di Guangzhou, China. Netizen pun menyerukan rasa duka di lini masa. Ucapan bela sungkawa membanjiri Twitter dengan tagar #ripsutopo.

Berdasarkan pantauan Telset.id di situs Trends24.in pada Minggu (07/07/2019), tagar #ripsutopo berada di urutan pertama. Sedangkan topik pembicaraan netizen terkait seperti Innalillahi, Selamat Jalan Pak dan Guangzhou juga menduduki posisi atas di jagat Twitter.

 

Ucapan netizen pun beraneka ragam. Misalnya akun @GiaPratamaMD ikut menyampaikan rasa dukanya. Twitter milik dokter yang juga aktif berkicau di Twitter ini mengucapkan belasungkawa kepada Sutopo, yang semasa hidupnya selalu aktif memberi informasi terkait bencana lewat Twitter.

{Baca juga: Pakar Media Sosial Nukman Luthfie Meninggal Dunia}

“Semoga kita semua bisa mengambil tauladan kebaikan yang almarhum lakukan selama hidupnya. #ripsutopo,” kata Dokter Gia.

Hal serupa juga dikatakan oleh Naradhipta melalu akun Twitter @NaradhiptaJogja. Dhipta mengucapkan bela sungkawa sambil memposting cuitan, Sutopo yang berisi motivasi hidup. Intinya Sutopo menulis jika manusia tidak boleh takut menghadapi ujian hidup.

Sebelumnya Sutopo dikabarkan meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB. Sutopo di Guangzhou sedang menjalani serangkaian perawatan di sejumlah rumah sakit karena kanker paru-paru. Ia divonis mengidap kanker paru-paru pada 17 Januari 2018.

{Baca juga: Banjir Bandang di Papua, Warganet Serukan #PrayForJayapura}

Sutopo lahir di Boyolali, Jawa Tengah 7 Oktober 1969. Pria yang dikenal memiliki komitmen tinggi dalam perkerjaannya ini memperoleh gelar S1 Geografi di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1993 dan memperoleh gelar S2 dan S3 di bidang hidrologi di Institut Pertanian Bogor.

Saat memegang jabatan Kepala Humas BNPB, Sutopo dikenal aktif di media sosial Twitter. Lewat akun pribadinya @Sutopo_PN, ia aktif memberikan informasi terkait bencana alam dan sempat menjadi pembicara di acara #RameDiTwitter2018 terkait sepak terjangnya di media sosial. Selamat jalan, Pak Sutopo. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here