Mumpung April Mop, Snapchat Olok-olok Facebook

akuisisi Snapchat

Telset.id, Jakarta – Momentum April Mop dimanfaatkan oleh banyak orang untuk melakukan apa saja kepada saudara, teman, apalagi lawan. Seperti yang dilakukan oleh Snapchat, yang mengambil kesempatan pada awal April 2018 ini untuk mengolok-olok Facebook.

Dilaporkan The Verge, Snapchat membuat filter yang memperlihatkan gerakan seolah-olah Anda mengunggah foto ke Facebook. Namun, potongan gerakan Anda mengunggah gambar profil tertulis dalam alfabet Rusia bernama Kiril.

Dalam filter tersebut, tertulis pula beberapa orang yang menyukai foto Anda. Dua di antaranya adalah ibu Anda dan A bot. Tidak jelas, apa maksud pasti filter yang dibuat oleh Snapchat itu. Yang jelas, lewat “kreasi” tersebut, Snapchat berniat meledek Facebook.

Baca juga: Snapchat Berpotensi Gerus Pengguna Facebook di AS

Facebook memang tengah menjadi “lakon” di dunia nyata maupun maya dalam waktu hampir sebulan terakhir. Semua tak lepas dari tindakan penyalahgunaan data 50 juta pengguna oleh Facebook dan Cambridge Analytica. Lalu, apa hubungannya dengan Rusia?

Usut punya usut, Facebook dinilai gagal mengantisipasi iklan yang dibuat oleh Rusia untuk campur tangan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016. Makanya, Snapchat menyatirkannya di filter dalam bentuk tulisan beralfabet Kiril.

Selain Facebook, perusahaan besar lain pun mendapatkan kritik serupa dari Snapchat. Sebut saja Twitter, Google, dan forum internet Reddit. Kendati demikian, olokan Snapchat pada April Mop tahun ini lebih banyak ditujukan kepadaFacebook, yang tak lain adalah sang induk Instagram.

Seperti diketahui, Instagram dan Snapchat bersaing merebut pasar global. Kedua media sosial berbagi foto dan video itu bahkan saling kloning fitur. Satu dari sekian penjiplakan Instagram yang membuat Snapchat geram adalah fitur Story.

Baca juga: Lagi, Facebook “Jiplak” Fitur Snapchat untuk Messenger

Belum ada tanggapan dari pihak Facebook terkait ledekan Snapchat. Twitter, Google, dan Reddit juga tampak anteng-anteng saja melihat tingkah polah Snapchat. Jangan-jangan, mumpung April Mop, sesama pesaing memang sah untuk saling ledek? [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here