Waduh! Monyet di India Curi Sampel Darah Virus Corona

Sampel Darah Virus Corona

Telset.id, Jakarta  – Sekawanan monyet di India menyerang petugas medis dan mencuri sampel darah virus corona. Padahal, sampel daerah tersebut milik empat pasien yang tengah menjalani perawatan.

Dunia memang sedang mengalami krisis lantaran pandemi Covid-19. Sialnya, tindakan manusia telah melakukan pembersihan hutan membawa dampak serius bagi upaya petugas medis menangani pasien virus corona.

{Baca juga: Smartwatch untuk Deteksi Virus Corona, Memang Bisa?}

Kasus di India ini adalah satu di antaranya. Pembersihan hutan membuat hewan-hewan kehilangan rumah dan mulai berkeliaran ke daerah perkotaan. Hal itu membawa konsekuensi berat yang tidak diinginkan oleh kita.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Minggu (31/5/2020), seorang teknisi laboratorium sedang berjalan di kampus di sebuah perguruan tinggi medis di Meerut, India, ketika pasukan monyet datang.

Mereka turun dan masuk ke laboratorium, kemudian mencuri sampel darah virus corona milik empat pasien yang sedang menjalani perawatan. Setelah mengambilnya, mereka bergegas melarikan diri dan menghilang.

Menurut Dr S K Garg, pejabat perguruan tinggi, tidak jelas apakah monyet-monyet itu telah menumpahkan sampel darah yang dicuri. Yang jelas, orang-orang yang tinggal di dekat kampus sekarang merasa khawatir.

“Mereka khawatir dengan penyebaran virus corona jika monyet-monyet tersebut membawa sampel ke daerah perumahan. Ada juga beberapa kekhawatiran apakah monyet bisa tertular virus corona atau tidak,” terangnya.

{Baca juga: Peneliti Ciptakan Masker Pembunuh Virus Corona}

Menurut Garg, hingga kini belum ada bukti bahwa monyet dapat tertular virus corona. Namun, mengingat virus corona merupakan jenis baru, wajar jika orang-orang di sekitar kampus merasa khawatir dengan penularan. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here