Menkes Singapura Kasih Tips Cegah Corona, Warganet: Terima Kasih!

Tips Cegah Corona

Telset.id, Jakarta – Sosok Menteri Kesehatan (Menkes) Singapura, Gan Kim Yong menjadi sorotan netizen. Ia dipuji karena mampu menjelaskan tips cegah penularan virus Corona dengan baik, dan didukung data ilmiah yang valid.

Menkes Singapura ini menjelaskan tips cegah penularan virus Corona di hadapan parlemen Singapura pada Senin (03/02) waktu setempat.

Akan tetapi, penjelasan Gan Kim Yong malah menjadi viral dan dibicarakan warganet ketika dibagikan kembali oleh akun @thesandblazt pada Minggu (01/03) waktu setempat.

Ada dua cuplikan video soal tips cegah penularan virus Corona dari Gan Kim Yong. Ia mengatakan, belum ada studi atau penelitian yang menyebut virus Corona dapat menyebar lewat udara.

Justru, penularan virus Corona paling banyak terjadi melalui tetesan atau cairan yang dikeluarkan oleh orang yang terinfeksi melalui batuk atau bersin.

{Baca juga: Jokowi Pastikan Dua Orang di Indonesia Terinfeksi Virus Corona}

“Apabila tetesan ini mengenai mata hidung atau mulut dari seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung. Melalui tangan yang telah tersentuh tetesan ini maka orang tersebut dapat saja tertular,” kata Kim Yong.

Lalu, apa tips cegah penularan virus Corona yang dibagikan menkes Singapura ini? Ia mengatakan, satu-satunya cara mencegah penyakit itu adalah hidup bersih.

Caranya dengan mencuci tangan secara teratur dan menghindari menyentuh wajah dengan tangan. Tujuannya, agar berbagai kuman atau virus di tangan tidak menempel ke mata, hidung atau mulut. Tindakan ini diakui sulit dilakukan karena banyak orang sering mengusapkan wajahnya secara terus menerus.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa penggunaan masker tidak terlalu efektif karena bisa mendorong orang menyentuh wajah mereka. Penggunaan masker menurutnya harus dibarengi dengan menjaga kebersihan tangan kita.

“Menggunakan masker ketika sehat sering memberikan rasa aman yang semu. Memungkinkan untuk menyentuh wajah ketika kita membetulkan masker secara terus menerus yang mana merupakan cara penyakit itu menyebar,” tutup Kim Yong.

{Baca juga: Topik Depok dan #CoronaVirusUpdate Trending di Twitter Indonesia}

Pernyataan ini menuai pujian dari netizen. Seperti akun @myname_tanto yang mengucapkan terimakasih kepada Gan Kim Yong. Ucapan terimakasih juga dilontarkan oleh akun @GibranMarshell.

(NM/MF)

Previous articleKhawatir Wabah Corona, Konferensi IoT Microsoft Batal Digelar
Next articlePenjelasan Telkom Terkait Kematian Karyawannya di Cianjur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here