telset
spot_img

Medsos Belum Kalahkan Televisi Sebagai Sumber Berita

Telset.id, Jakarta – Walaupun media sosial (medsos) kini banyak digunakan sebagai sarana mendapatkan berita, tetapi televisi ternyata masih menjadi sumber berita di Amerika Serikat (AS). Hal ini terungkap dalam survei Pew Research Center (PRC).

terhadap orang dewasa di AS yang dilakukan awal tahun ini, seperti dilansir engadget.com, Selasa (11/12/2018).

Dalam survei Lembaga riset terkemuka AS itu, 49 persen responden mengatakan bahwa mereka sering mendapatkan berita dari televisi. Sementara 33 persen responden mendapat berita dari situs web dan 26 persen mendapat berita dari radio. Medsos menempati posisi keempat dengan angka 20 persen dan media cetak berada diurutan terakhir dengan Raihan angka 16 persen.

Kendati masih menjadi sumber berita utama, tetapi rupanya angka tersebut menurun cukup tajam ketimbang hasil 2016 lalu, dimana TV menjadi rujukan 57 persen responden survei. Bahkan angka tersebut masih lebih besar ketimbang sumber berita dari media online dan medsos dan lainnya digabung bersama-sama karena hanya akan meraih angka 43 persen.

Survei ini juga mengungkapkan ada perbedaan perilaku yang signifikan antara grup usia responden. TV menjadi sumber berita utama untuk responden dewasa berusia diatas 50 tahun. Sementara untuk responden di rentang usia 30-49 tahun angkanya hanya 36 persen dan hanya 16 persen responden di grup usia 18-29 tahun yang mencari berita dari TV.

{Baca juga: Survei: Pengguna ‘Medsos’ Belum Merasa Kecanduan}

Sementara itu medsos menjadi rujukan berita utama untuk responden dewasa grup paling muda, yakni di rentang usia 18-29 tahun. Sedangkan situs web menjadi pilihan utama mendapatkan berita untuk responden dengan rentang usia antara 30-49 tahun.

Awal tahun ini Pew Research Center merilis penelitian yang menunjukkan 89 persen dari mahasiswa yang disurvei mendapatkan beberapa berita dari medsos mereka. Dari medos tersebut, Facebook dan Snapchat menjadi 2 platform paling menjadi rujukan untuk berita di antara kelompok usia tersebut.[WS/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0