NGEHITS

Layanan Shopee Error, Imbas Gedung Cyber Kebakaran

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Akibat gedung Cyber Jakarta yang kebakaran, beberapa layanan berbasis internet langsung terkena dampaknya. Salah satunya Shopee yang dilaporkan error pada Kamis (2/12/2021) kemarin.

Banyak pengguna yang mengadu kalau aplikasi e-commerce berwarna jingga ini tiba-tiba error dan menyebabkan pengguna Shopee logout atau keluar dari aplikasi.

Sontak, masalah yang terjadi langsung viral di Twitter. Warganet melaporkan gangguan tersebut ke akun @ShopeeID. Misalnya saja @tiktokturn23 yang tiba-tiba keluar dari aplikasi saat sedang berbelanja.

Baca juga: Google Search Down, Netizen Teriak Gak Bisa Googling

“Min, kok aplikasi shopee bisa logout sendiri sih? Lagi asik2 nyari item yg mo dibeli eh logout sendiri tiba2 trus mau login kok susah banget, otp nya ga dikirim juga udah 30 menit utak atik buat login. Kecewa,” ungkapnya.

Diikuti oleh akun @AssilmiAffandi, yang tidak bisa login serta mengakses fitur-fitur yang ada di Shopee. Sama halnya, ia pun berniat untuk berbelanja di aplikasi e-commerce yang ebrbasis di Singapura itu.

Selain masalah tidak bisa login, gangguan juga terjadi pada layanan ShopeePay. Berdasarkan pengakuan dari warganet dengan akun @imbluesky11, dirinya kesal harus menggunakan uang tunai karena ShopeePay mengalami gangguan.

“Shopeepay error. Mana udh di tempat. Kepaksa pake cash pdhl menipis bat dompet. Sedia cash cuma bwt bensin dll yg gabisa bayar onlen,” jelas akun @imbluesky11.

Keluhan yang sama diungkapkan pula oleh akun @Fry09 yang sampai bertanya ke akun resmi Shopee @ShopeeCare mengenai gangguan pada ShopeePay.

Sedangkan warganet dengan akun @jjhlof, mengaku tidak bisa bisa top up ShopeePay, serta tidak bisa memesan ShopeeFood.

“Ini shopee lgi error ya?? Ko mau top up dri M-banking gabisa, teruss malah mau mesen shopee food ke log out sendiri,” kata @jjhlof.

Baca Juga: Cara Belanja Online di Shopee: 6 Panduan untuk Pemula

Shopee Error, Imbas Gedung Cyber Kebakaran

Merespon keluhan pengguna, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira menjelaskan kalau penyebab layanan yang error karena kebakaran di gedung Cyber Jakarta.

“Dikarenakan kebakaran di Gedung Cyber, beberapa layanan Shopee dan juga layanan mitra mengalami gangguan,” jelas Radynal.

Baca juga: Pelanggan Beli HP Xiaomi di Shopee Dapatnya Kardus Kosong

Saat ini perbaikan tengah dilakukan dan Shopee berjanji jika layanan segera berfungsi dengan normal.

“Namun, para pengguna dan mitra tidak perlu khawatir. Transaksi yang dilakukan pelanggan dan mitra akan dapat segera kembali. Semua data dan akun juga dalam kondisi aman,” tambah Radynal. (NM/MF)

Leave a Comment