Komputer Pertama Apple akan Dilelang Rp 9,3 Miliar

Telset.id, Jakarta – Anda yang pernah menonton film “Jobs” yang diperankan aktor Asthon Kutcher, tentu tahu saat diceritakan Steve Jobs sebagai pendiri Apple sedang merakit sebuah board komputer pertama bernama Apple 1 yang menjadi bagian utama dari sejarah Apple hingga saat ini.

Saat itu, hanya ada 200 Apple 1 yang dirakit oleh tim Apple, termasuk Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple. Dari 200 unit yang dibuat, kini hanya tersisa 60 unit Apple 1 di dunia. Kabarnya, salah satunya akan segera dilepas dalam pelelangan.

Satu unit Apple 1 yang rencananya akan dilelang tersebut dimiliki oleh mantan karyawan Apple, yakni Adam Schoolsky. Barang langka ini mulai dilelang tanggal 25-26 September besok (waktu setempat), dengan harga menyentuh USD 700.000 atau sekitar Rp 9,3 miliar. Hingga saat ini, tawaran tertinggi pada lelang Apple 1 baru mencapai USD 155.000 atau sekitar Rp 2 miliar.

Apple 1 yang dilelang ini memiliki kelengkapan yang sama seperti ketika pertama kali dirakit. Seperti misalnya buku manual asli, daftar harga Apple, penyimpanan cassette tape, box asli dan lainnya.

Selain Apple 1 yang akan dilelang, ada juga majalah Newsweek yang terbit pada 24 Oktober 1988. Pada majalah tersebut terdapat foto Steve Jobs muda dengan judul “Mr. Chips. Steve Jobs Puts The ‘Wow’ Back In Computers”. Majalah yang juga terdapat tanda tangan asli Jobs itu diperkirakan akan dijual seharga USD 15.000 atau sekitar Rp 199 jutaan. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here