Keren! Kampus Ini Sudah Punya Autonomous Shuttle Bus

Telset.id, Jakarta – Ternyata tak hanya perusahaan teknologi atau otomotif saja yang menggarap teknologi autonomous car alias kendaraan yang bisa bergerak sendiri tanpa adanya supir. Universitas juga ternyata turut andil dalam pengembangan transportasi masa depan ini dan bahkan sebentar lagi akan segera dimanfaatkan oleh pihak kampus itu sendiri.

Adalah University of Michigan yang mengembangkan autonomous shuttle bus yang akan menjadi kendaraan antar-jemput yang sesuai namanya, tanpa dioperasikan oleh supir alias benar-benar serba otomatis.

[Baca juga: Wow! Di Negara Ini, Truk Sampah Sudah Autonomous]

Dilansir dari The Verge, pihak kampus kabarnya berencana untuk mengembangkan dua shuttle yang dikembangkan oleh startup asal Perancis yakni Navya untuk beroperasi pada rute berjarak 3,2 km antara Lurie Engineering Center dan North Campus Research Complex.

Selain bekerja sama dengan Navya, pihak kampus Michigan juga bekerja sama dengan pihak lain yang memang mengembangkan teknologi termasuk self-driving cars yakni Mcity.

“Layanan antar-jemput otomatis pertama di kampus ini adalah proyek penelitian yang akan membantu kita untuk memahami tantangan dan juga peluang,” kata Huei Peng, Direktur MCity sekaligus seorang profesor di bidang teknik mesin.

[Baca juga: NASA Pamer Mobil untuk Planet Mars, Mirip “Batmobile”]

Hebatnya, jika kendaraan autonomous yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi atau otomotif hanya mampu mengangkut sedikit orang saja, bus canggih ini bisa mengangkut maksimal 15 orang sekaligus dalam sekali jalan.

Tak cuma hanya sekedar angan-angan saja, bus shuttle ini bahkan sudah diujicoba dengan adanya penumpang di dalamnya. Hasilnya, bus ini berfungsi dengan baik dan bisa mengaangkut penumpang tanpa adanya kendala sedikit pun. Semakin dekat saja kita dengan teknologi driveless ya! (FHP/HBS)

SourceThe Verge

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -