Jepang Siapkan Robot Polisi untuk Amankan Olimpiade 2020

Telset.id,Jakarta – Sebuah robot polisi (robot cop) yang dapat menertibkan pembuat onar akan mulai dioperasikan untuk mengatur jalanan pada saat pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

Dilaporkan The Sun, robot bernama Perseusbot ini merupakan robot berteknologi tinggi yang dapat mendeteksi paket mencurigakan.

Tak hanya itu, robot polisi ini bahkan sangat cerdas karena dapat memprediksi kapan pembuat onar akan melakukan pelemparan atau membuat keonaran.

Robot yang namanya diambil dari nama seorang pahlawan legendaris dalam mitologi Yunani, Perseus ini juga dapat membaca perubahan gerakan dalam sebuah kerumunan. Misalnya, seperti gelombang masa yang datang atau orang yang melarikan diri dari bahaya.

Perseusbot dilengkapi dengan teknologi AI mutakhir yang akan bekerja ketika menemukan tas dan paket yang dibiarkan tanpa pengawasan, dan dicurigai sebagai benda yang berbahaya.

Robot setinggi 6 kaki ini juga dapat mengirim peringatan kepada penjaga keamanan ketika menemukan orang yang terluka dalam kerumunan.

Bahkan, robot polisi ini juga dapat menghindari rintangan dan berjalan di atas paviliun yang tidak rata saat berpatroli di jalan-jalan.

Perseusbot telah dirancang khusus untuk membantu petugas menjaga keamanan saat acara Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade digelar. Namun, para ahli khawatir robot ini justru membahayakan orang-orang.

“Jika Anda meminta robot untuk menangkap penjahat, bagaimana Anda bisa yakin robot itu tidak akan melukai orang lain,” kata Alan Winfield, Profesor Etika Robot dari Universitas West England, kepada Daily Star. [BA/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0