NGEHITS

Bukan Menghilang, Jack Ma Diduga Sengaja Bersembunyi

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Misteri keberadaan Jack Ma mulai terungkap. Bukannya menghilang, kabar terbaru menyebut Jack Ma diduga  sengaja bersembunyi di sebuah tempat di Kota Hangzhou China. 

Dilansir Telset dari Business Insider pada Kamis (07/01/2021) wartawan CNBC David Faber mendapatkan informasi dari sumber terpercaya bahwa Jack Ma bukan menghilang namun sengaja bersembunyi. 

“Dia sengaja tidak terlihat dan Anda bisa berharap itu akan terjadi untuk beberapa waktu,” kata Faber. 

{Baca juga: Jack Ma Jual Saham Alibaba Senilai Rp 118 Triliun}

Faber mengatakan Ma hanya bersembunyi di tengah tindakan keras Partai Komunis China terhadap Alibaba dan Ant Group. Hal ini menyusul tindakan keras pemerintah China yang menangguhkan rencana IPO Ant Group sebesar $ 37 miliar atau setara Rp 487,1 triliun. 

“Dia mungkin tidak muncul, tapi dia tidak hilang,” tutur Faber. 

Faber juga membantah anggapan banyak pihak bahwa Ma ditangkap karena menganjurkan reformasi perbankan. Menurutnya, sistem perbankan China harus direformasi karena banyak bank yang sistemnya mirip dengan sistem pegadaian.

{Baca juga: Jack Ma Mundur dari Jajaran Dewan Direksi SoftBank}

“Dia belum ditangkap, belum dibawa. Ma sangat mungkin berada di Hangzhou, tempat kantor pusat Alibaba berada,” tambah Faber. 

Jack Ma Menghilang

Sebelumnya miliarder sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma, diduga menghilang usai mengkritik pemerintah China terkait sistem keuangan. Tokoh teknologi tersebut diketahui tak menampakkan batang hidungnya sama sekali dalam beberapa bulan terakhir.

Dugaan Jack Ma menghilang dengan vakumnya akun Twitter @JackMa sejak tanggal 10 Oktober 2020. Padahal, ia adalah salah satu tokoh teknologi yang rajin mengunggah berbagai informasi tentang kegiatannya.

Jack Ma sedang melakukan presentase di sebuah acara (Foto : Istimewa)

Jack Ma juga batal tampil di episode terakhir acaranya sendiri, Africa’s Business Heroes. Namanya bahkan dihapus dalam daftar dewan juri dan digantikan oleh pendiri Alibaba lainnya yakni Lucy Peng. 

{Baca juga: Jack Ma Menghilang Sejak Oktober Usai Kritik Pemerintah China}

Dugaan bahwa bahwa miliarder tersebut menghilang dan hal ini membuat warganet berspekulasi dengan kondisi sang pendiri Alibaba. Misalnya saja akun @PutraErlangga_ yang bertanya apakah ada pihak yang sengaja “menghilangkannya”.

“Jack Ma, Menghilang atau Dihilangkan..?” kata @PutraErlangga_.

Lalu, ada juga akun @RaihanNovri yang mencoba berprasangka baik dengan berpendapat bahwa pendiri Alibaba itu sedang menjalani isolasi mandiri sehingga enggan muncul ke publik.

“Positive thinking aja, Jack ma lagi isolasi mandiri,” cuit @RaihanNovri.

Informasi dari David Faber cukup menjawab teka-teki mengenai kondisi Jack Ma. Namun belum ada pihak yang mengonfirmasi atau membantah informasi dari David Faber baik dari Ant Group dan Alibaba. [NM/HBS]

Leave a Comment