Tepat Waktu
Apabila Anda melihat sebuah komentar online yang buruk tentang bisnis Anda, sangatlah penting untuk merespon dalam jangka waktu yang tepat. Menunggu terlalu lama sebelum merespon bisa membuat bisnis Anda terkesan jauh dari pelanggan.
Akan tetapi dalam merespon juga harus dilakukan dengan benar. Hal ini dikarenakan dalam merespon sebuah komentar, para audiens dapat melihat jelas mengenai situasi apa yang sedang Anda alami.
Jujur
Kejujuran juga memiliki peranan penting bagi kelangsungan bisnis, terutama jika Anda memanfaatkan media sosial. Apabila terjadi kesalahan, akui kesalahan dan jujur kepada pelanggan akan kesalahan tersebut.
Pelanggan akan lebih menghargai tindakan Anda tersebut, ketimbang mengelak atau bungkam. Mengakui kesalahan turut mengesankan bahwa Anda tidaklah sempurna dan sedang berusaha untuk menjadi lebih baik.
Kemudian jangan lupa untuk memberikan penjelasan kepada pelanggan bahwa Anda sangat terbuka untuk menerima saran dan sadarilah bahwa mengakui kesalahan justru akan semakin memanusiakan Anda.
[Baca juga: ASL PLS! 5 Aplikasi Chatting yang Bikin Kangen]
Kendalikan Emosi Anda
Terkadang, membiarkan kritik masuk ke dalam hati dan membalas kritik tersebut dengan jawaban emosional hanya akan memperkeruh situasi. Tentunya, hal ini dapat mempengaruhi situasi bisnis Anda.
Ambil waktu sebanyak-banyaknya untuk mencerna jawaban Anda. Atau berikan kesempatan kepada orang lain untuk melihat jawabannya apabila Anda tidak yakin jawaban tersebut akan diterima dengan baik.
Jadi Diri Sendiri
Yang paling penting adalah, jangan terganggu karena kritik. Tidak ada pengusaha yang membuka diri untuk berkomunikasi dengan komunitas online dan menjalankannya tanpa celah.
Apabila Anda dapat menangani pelanggan yang ‘marah’ dengan efektif dan efisien, Anda akan dapat memutarbalikkan kondisi yang berpotensi menimbulkan kerugian menjadi peluang untuk meningkatkan reputasi dan hubungan Anda dengan konsumen – apalagi jika dilakukan dengan benar. [NC/HBS]