Ilmuwan Kirim Lagu untuk Alien, Apa Balasannya?

Telset.id, Jakarta – Pencarian makhluk hidup di luar bumi terus dilakukan oleh para ilmuwan. Berbagai cara telah dilakukan, mulai dari melakukan penjelajahan luar angkasa hingga teknik lain telah dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan Alien.

Bahkan, baru-baru ini ilmuan dari Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI) mengaku telah melakukan pengiriman sebuah pesan ke sebuah planet GJ273b, atau yang sering disebut dengan ‘Super Earth’. Pesan tersebut telah dikirim secara bertahap pada tanggal 16,17, dan 18 Oktober lalu.

[Baca juga: Ini Dia Pesawat NASA yang akan Menjelajah Matahari]

Futurism melaporkan bahwa para ilmuwan tersebut mengirimkan pesan yang tidak biasa. Alih-alih mengirimkan sebuah teks, mereka malah mengirimkan sebuah lagu, yang di komposisikan secara hati-hati oleh para ilmuwan.

Untuk mengirimkan lagu ini ke planet yang berjarak 12 tahun cahaya dari Bumi tersebut, para ilmuwan menggunakan teleskop radio. Kali ini mereka meminjam teleskop radio berdiameter 32 meter milik European Incoherent Scatter Scientific Association’s (EISCAT).

Presiden METI, Douglas Vakoch mengatakan bahwa pengiriman sinyal ini merupakan sebuah terobosan yang baru bagi dunia penelitian luar angkasa. Kini, yang dapat mereka lakukan adalah menunggu pesan tersebut untuk dibalas.

[Baca juga: Face ID Bisa Dibobol, Bagaimana Face Access di Vivo V7?]

“Paling cepat 25 tahun lagi kita akan mendengar balasan dari mereka yang menerima pesan tersebut,” ujar Douglas.

Well, itu artinya sekarang yang kita bisa lakukan adalah menunggu balasan dari para Alien yang menerima pesan tersebut. Itu pun jika benar-benar ada kehidupan di luar Bumi. [NC/HBS]

SourceFuturism

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI