#ShopeeBikinMalu Viral, Shopee Beri Tanggapan Soal Iklan Terbarunya

Telset.id, Jakarta – Shopee ramai diperbincangkan warganet Indonesia. tagar #ShopeeBikinMalu populer di Twitter, usai Shopee diduga membuat iklan plagiat dengan meniru lagu dari girlband Korea Selatan Oh My Girl yang berjudul Dolphin.

Semuanya bermula ketika Shopee merilis iklan yang berjudul “Stylish Setiap Saat di Shopee 3.3 Fashion Sale! | 8 Feb – 3 Maret” pada Minggu (7/2/2021). Video berdurasi 30 detik tersebut adalah iklan untuk promo Shopee 3.3 Fashion Sale.

Di dalam video terdapat beberapa artis papan atas Indonesia, seperti Nikita Willy, Anya Geraldine, dan Adipati Dolken. Mereka menari dalam alunan musik untuk memopulerkan promo Shopee 3.3 Fashion Sale.

{Baca juga: Cara Beli Tiket Kapal Ferry Menggunakan ShopeePay}

Warganet yang jeli melihat bahwa video iklan Shopee tersebut mirip dengan lagu Dolphin dari girlband Oh My Girl.

Lagu Dolphin sendiri telah dirilis oleh Oh My Girl pada 15 Mei 2020 dan mendapatkan lebih dari 16 juta views di YouTube. Lagu Dolphin sendiri bercerita tentang perempuan yang jatuh cinta.

Komentar Warganet Tentang Iklan Shopee

Iklan Shopee yang diduga plagian lagu Dolphin dari Oh My Girl pun menjadi perbincangan warganet hingga trending di Twitter. Dari pantauan Tim Telset pada Senin (8/2/2021), tagar #ShopeeBikinMalu berada di urutan pertama dengan lebih dari 6 ribu tweet.

Iklan Shopee #ShopeeBikinMalu

Ribuan tweet yang ramai di Twitter mayoritas berisi kritik dari warganet. Mereka menilai bahwa Shopee membuat konten iklan yang meniru lagu Oh My Girl.

Misalnya saja akun @dewiardynn yang mengaku kecewa dengan e-commerce berwarna oranye tersebut. “Tuhan tolong aku katakan pada Shopee aku sebel bingit sama iklan dia #ShopeeBikinMalu,” cuit @dewiardynn.

Selanjutnya ada juga akun @anisaayyuu yang kaget mengapa Shopee melakukan plagiat lagu dari girl band Oh My Girl.

“Sampe sekarang ga nyangka bisa plagiat lagu untuk promosi #ShopeeBikinMalu,” tuturnya.

{Baca juga: Panduan Lengkap Cara Belanja Online di Shopee untuk Pemula}

Lalu ada juga warganet dengan akun @zazi_azi yang mempertanyakan mengapa e-commerce tersebut sampai menjiplak lagu Dolphin yang terkenal di Korea Selatan untuk iklan mereka.

“Yaiyalah pak iklannya kece, videonya keren, lagunya bikin terngiang ngiang, kan jiplak lagunya Oh My Girl – Dolphin yang viral di Korea #ShopeeBikinMalu,” kata @zazi_azi.

Terakhir, ada juga dari akun @inisipuuu yang kecewa mengapa mengapa e-commerce sebesar Shopee sampai menggunakan lagu orang lain untuk dijadikan konten iklan.

“brand besar kok plagiat lagu orang #ShopeeBikinMalu,” tutupnya.

Tanggapan Shopee

Menanggapi viralnya iklan yang diduga memiliki beberapa kesamaan dengan lagu girlband K-Pop, Direktur Shopee, Handhika Jahja, memberikan pernyataan resminya.

Menurutnya, seluruh komponen materi iklan yang ditayangkan Shopee sama sekali tidak melanggar hak cipta. Pasalnya, iklan tersebut menggunakan notasi yang berbeda dari lagu Oh My Girl dan tidak dikategorikan sebagai objek plagiarisme.

“Dalam pembuatan setiap materi promosi, kami pastikan bahwa seluruh komponen materi yang digunakan tidak melanggar hak cipta. Iklan terbaru Shopee yang ramai dibicarakan saat ini diduga memiliki beberapa kesamaan dengan lagu salah satu girlband KPop,” katanya.

“Namun, iklan Shopee menggunakan notasi yang berbeda dari lagu tersebut dan tidak dikategorikan sebagai objek plagiarisme. Meskipun demikian, kami sangat berterima kasih atas masukan yang telah diberikan dan kami telah memastikan untuk mengganti lagu dari iklan terkait untuk kenyamanan bersama,” jelas Handhika. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -