Hindari Perampokan, Apple Store Dijaga Polisi

 Telset.id, JakartaApple Store di Sacramento, negara bagian California, Amerika Serikat, menyewa polisi untuk menjaga toko. Mereka bertugas selama Apple Store beroperasi untuk mengantisipasi kejadian perampokan.

Dilaporkan The Verge, Jumat (5/10/2018), Apple Store di Arden Fair Mall Sacramento sekarang dijaga oleh minimal dua polisi. Mereka bersiaga secara penuh di dalam maupun depan Apple Store di kawasna itu.

Berdasarkan informasi, para polisi yang berjaga di Apple Store Arden Fair Mall Sacramento disewa secara privat. Pihak Apple membayarnya pakai uang pribadi. Dengan kata lain, uang sewa bukan berasal dari pajak pemerintah.

Seperti diketahui, Apple Store di Palo Alto, California, dirampok dua kali dalam rentang waktu 12 jam. Produk Apple senilai USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar pun raib digondol oleh para pelaku komplotan pencuri.

Baca juga: 17 Pelaku Pencurian Berantai di Apple Store Terciduk

Bulan lalu, Apple Store di mal Roseville Galleria, California, merekam aksi para pencuri yang menggondol iPhone, iPad, dan MacBook senilai USD 20.000 atau sekira Rp 300 juta pada siang hari bolong.

Secara keseluruhan, dalam beberapa bulan, sejumlah Apple Store di California telah menjadi target pencurian. Produk-produk Apple digasak dengan total nilai mencapai USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

Namun, polah komplotan pencuri menemui ajal. Departemen Kehakiman California baru saja mengeluarkan surat perintah penahanan untuk 17 tersangka yang terlibat dalam aksi tersebut.

Kejahatan yang mereka lakukan diduga melanda 19 negara. Dalam menjalankan aksi, mereka menggunakan modus serupa. Mereka datang tiba-tiba secara berkelompok sambil mengenakan hoodies alias jaket berkerudung kepala.

Baca juga: Video Detik-detik Penangkapan Komplotan Pencuri di Apple Store

Dalam hitungan detik, mereka mengambil produk yang dipajang di Apple Store. Pada 25 September 2018 kemarin, tujuh tersangka telah ditangkap dan mendekam di penjara di wilayah Alameda.

Tujuh orang sudah dicokok, sembilan pelaku lain segera menyusul. Surat perintah penangkapan telah resmi keluar. Pihak berwenang akan bertindak cepat guna mengamankan para tersangka. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here