telset

Hewan Laut Ini Bikin Heboh, Sempat Disangka Alien

Telset.id, Jakarta – Dunia bawah laut masih menjadi misteri terbesar yang ada di kehidupan planet Bumi. Beberapa hewan laut berbentuk aneh kerap terdampar di pantai, dan beberapa netizen mencoba memahami makhluk tersebut, bahkan banyak yang menyangkanya sebagai alien.

Seperti yang terjadi di Pantai Rakaia Huts, Centerbury, Selandia Baru, sebuah ‘makhluk aneh’ terdampar di pantai dan menghebohkan penduduk setempat.

“Yang pertama saya pikirkan ketika melihat benda itu adalah alien, saya sangat terpesona ketika melihatnya,” kata penduduk setempat bernama Hanna Mary kepada NZ Herald.

Dia kemudian memotret makhluk itu dan mempostingnya di Facebook. Beberapa netizen pun berkomentar tidak masuk akal, karena memang makhluk tersebut tampak aneh.

Hanna menjelaskan, makhluk ini memiliki dua pasang kaki dan satu ekor. Selain itu, hewan laut tersebut juga memiliki taring yang tajam, serta cakar di bagian sayapnya.

“Saya mengunggah foto-foto ini di Facebook, dan beberapa tebakan sedikit tidak masuk akal, karena makhluk ini tampak sangat aneh,” katanya.

Hanna akhirnya menemukan jawaban yang lebih masuk akal atas tebakannya itu. “Ini semacam deep-sea skate, mungkin Bathyraja abyssicola, yang terjaring oleh pukat,” katanya kepada publik.

Jawaban Hanna dikonfirmasi oleh Institut Institut Penelitian Air dan Atmosfer Nasional Selandia Baru (NIWA). Menurut Dr Malcolm Francis yang bekerja di NIWA, makhluk ini adalah ‘Dipturus Nasutus’ jantan atau yang biasa disebut ‘New Zealand Rough Skate’.

“Mereka disebut ‘rough skate’ karena mereka sangat berduri, jenis hewan laut ini sangat umum ditemukan di Canterbury. Tubuhnya seperti hiu pipih, ada kerangka yang terbuat dari tulang rawan,” katanya.

Hewan atau ikan yang hidup di laut dalam memang  masih menyimpan banyak misteri, karena memiliki bentuk yang aneh atau tak lazim seperti ikan pada umumnya. Bahkan terkadang nampak seperti monster yang menakutkan.

Sebelumnya para ilmuwan pernah memposting video yang memperlihatkan makhluk laut yang dikenal dengan nama monster laut ayam tanpa kepala atau Headless Chicken Sea Monster.

Headless Chicken Sea Monster memiliki badan merah yang berdenyut, serta kelenjar yang berdenyut seperti ‘kaki’. Makhluk ini tampak sangat asing bagi orang yang melihatnya.

Secara teknis, makhluk ini sejenis ‘teripang’ atau dengan nama latin Enypniastes eximia, yang sama anehnya dengan nama panggilannya, jika kurang menakutkan.

Namun, varietas ini hidup di dalam laut yang lebih dalam jika dibandingkan teripang pada umumnya yang biasa terlihat pada kedalaman di atas 1.000 meter.

Para peneliti sangat tertarik untuk mengabadikan makhluk ini menggunakan kamera underwater untuk pertama kalinya di Samudera Selatan di luar Antartika.

Sebelumnya, monster laut ayam tanpa kepala ini hanya muncul berenang di perairan air hangat di dekat Bahama, namun sekarang kita tahu mkhluk ini juga suka lautan yang sedikit lebih dingin juga.

Menurut Extreme Marine, ia dapat memancarkan cahaya dari kaki dan tentakelnya untuk mencegah serangan predator. Jika sudah dewasa, ukuran panjangnya bisa mencapai hampir 10 inci. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0