Hati-hati! Sering Gunakan Smartphone Bisa Bikin Pikun

Daya ingat remaja

Telset.id,Jakarta – Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa radiasi yang dihasilkan oleh smartphone dapat mempengaruhi daya ingat pada remaja. Para peneliti dari Swiss Tropical and Public Health Institute menyatakan bahwa paparan radiasi (RF-EMF) dari smartphone berdampak pada daya ingat remaja.

Menurut salah seorang peneliti, Martin Röösli, paparan radiasi otak dari smartphone selama setahun memiliki efek negatif pada kinerja otak pada anak-anak dan remaja.

“Ini mungkin menunjukkan bahwa memang RF-EMF yang diserap oleh otak berdampak terhadap objek yang kami amati,” jelasnya, seperti dikutip dari Mirror, Senin (23/07/2018).

Dalam studi tersebut, peneliti melakukan pengujian terhadap 700 remaja berusia 12 hingga 17 tahun untuk dianalisis selama setahun. Para peneliti ingin mencari tahu apakah radiasi dari smartphone dapat mempengaruhi ingatan mereka.

Hasil penelitian menunjukkan, memakai smartphone untuk melakukan panggilan telepon dengan menempelkannya ke telinga dapat mempengaruhi daya ingat para penggunanya, khususnya remaja.

Namun, penggunaan smartphone untuk mengirim pesan teks atau bermain game, tidak akan mempengaruhi kinerja otak mereka. Para peneliti mengatakan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari faktor lainnya.

“Sebagai contoh, hasil penelitian bisa dipengaruhi oleh pubertas, yang mempengaruhi penggunaan smartphone dan keadaan kognitif dan perilaku partisipan,”kata Röösli. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here