Gunung Semeru Meletus, Warganet : Semoga Semua Selamat

Telset.id,Jakarta – Gunung Semeru meletus atau erupsi dengan mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG)  pada Sabtu (16/01/2021) pukul 17.24 WIB. Kejadian ini pun menjadi perbincangan dan warganet berharap semoga semua warga selamat. 

Kabar Gunung Semeru meletus pertama kali diumumkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Sabtu (16/01/2021) melalui Twitter @BNPB_Indonesia. 

BNPB melaporkan bahwa terjadi erupsi berupa semburan APG dengan dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer. Pada cuitannya BNPB juga memposting cuplikan video mengenai erupsi yang terjadi. 

“Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1) sore pukul 17.24 WIB,” cuit @BNPB_Indonesia. 

Lebih lanjut dilansir Telset dari laman resmi BNPB pada Minggu (17/01/2021) terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

{Baca juga: Habib Ali Assegaf Meninggal, Warganet Kembali Berduka}

Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin. Peristiwa Semeru Meletus dikonfirmasi oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. 

Thoriqul Haq menjelaskan bahwa perkiraan awal lokasi tersebut berada di daerah sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan.

(Foto : BNPB Indonesia)

“Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” jelas Thoriqul.

Status Gunung Semeru berada pada level II atau ‘Waspada’ dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi mengenai letusan ini. 

Warganet Harap Tidak Ada Korban

Video erupsi dan informasi dari BNPB viral di media sosial. Cuitan mendapat 9,3 ribu retweet lalu 1,4 ribu tweet kutipan dan 15 ribu likes dari warganet. Selain itu banyak warganet yang berkomentar mengenai Semeru meletus. 

Misalnya saja akun @P_ysf yang berharap semoga masyarakat desa yang lokasinya dekat dengan Semeru tidak ada yang menjadi korban. 

“Semoga semua selama,” kata @P_ysf. 

Selanjutnya ada juga akun @jooniejooniee yang berharap semoga tidak ada korban dari bencana gunung meletus yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur tersebut. 

{Baca juga: Gempa 6,2 SR Landa Majene dan Mamuju, Warganet Ramai Kirim Doa}

“stay safe semuanya, semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT aamiin,” harap @jooniejooniee. 

Lalu ada juga akun @zakiashif. Warganet ini merasa takut karena pada awal Januari 2021 cukup banyak terjadi bencana alam di Indonesia. Apalagi sebelumnya ada kasus gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. 

“Semakin hari bukan semakin tenang, tapi semakin takut. Ada apa lagi nanti nanti,” tutur @zakiashif. 

Lebih lanjut ada juga akun @Soezoelas67 yang berharap semoga tidak ada korban jiwa terkait bencana Semeru meletus. 

“Semoga tidak ada korban Jiwa. Aamiin YRA,” jelas @Soezoelas67. 

Selanjutnya ada juga akun @Azzamlzzulhaq yang meminta maaf kepada Allah Swt atas bencana alam yang terjadi. 

“Terkabar bahwa gunung Semeru mengalami erupsi. Ya Allah ampuni kami,” tulis @AzzamIzzulhaq. 

Terakhir ada juga akun @adiriyansyahhh yang berharap semoga bencana gunung meletus di Semeru bisa segera berakhir. 

“Semerusedang tidak baikbaik saja. Semogah cepat kembali pulih,” ucap @adiriyansyahhh. 

Hingga kini BNPB dan lembaga terakhir berusaha melakukan evakuasi kepada warga yang tinggal dengan gunung supaya tidak ada korban jiwa. [NM/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -