telset

Elon Musk Bantu Evakuasi Tim Sepak Bola Lokal Thailand

Telset.id, Jakarta – Tim penyelamat gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 12 anggota dan satu pelatih tim sepak bola Thailand dari gua Tham Luang, Thailand, Selasa (10/07/2018) malam. Semuanya dilaporkan dalam kondisi selamat.

Dilansir dari NPR, korban terakhir yang dievakuasi oleh petugas adalah pelatih sekaligus guru 12 anggota tim sepak bola lokal tersebut. Kabar ini tentu membuat lega masyarakat dunia, mengingat mereka sudah terjebak di gua itu selama sekitar dua minggu.

Keberhasilan evakuasi juga tak lepas dari peran dari berbagai pihak internasional, termasuk Elon Musk. Pendiri SpaceX, Tesla, dan Boring Company itu membantu proses penyelamatan dengan mengirim tabung selam berukuran mini untuk evakuasi.

Tim SpaceX mengerjakan tabung tersebut pada Sabtu (07/07/2018). Benda yang terbuat dari tabung transfer oksigen cair milik roket Falcon 9 itu digunakan untuk menyisir gua guna menyelamatkan para korban.

Baca Juga: Elon Musk Beli 72.500 Saham Tesla

“Benda tersebut cocok untuk anak-anak atau orang dewasa kecil untuk meminimalkan udara terbuka. Di dalamnya terdapat empat pegangan di depan dan empat di belakang, bersama dengan empat koneksi tangki udara,” ujar Musk.

Musk sendiri telah berada di Thailand sejak akhir pekan kemarin. Ia mengatakan kepada para tim evakuasi bahwa tabung selam buatan perusahaannya sudah siap jika dibutuhkan. Bahkan, Musk menyatakan bahwa tabung selam tersebut akan ditinggal selamanya di Thailand.

Meski begitu, tim evakuasi tidak menggunakan tabung selam sumbangan Musk. Menurut Kepala Komando Gabungan, Narongsak Osottanakorn, tabung selam masih belum praktis untuk misi penyelamatan itu.

Baca Juga: Bos IBM Watson Benci tapi Suka Elon Musk, Kenapa?

Meskipun teknologinya bagus dan canggih, itu tidak praktis untuk misi ini,” katanya.

Tabung selam buatan tim SpaceX telah diuji coba di kolam renang di Los Angeles, Amerika Serikat. Musk memastikan bahwa keberadaannya sangat berguna membantu evakuasi. Namun, ia menyerahkan semua proses kepada otoritas setempat. (SN/FHP)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0