Setelah Ditolak, YouTuber Elle Darby Malah Ditagih Rp 86 Miliar

Elle Darby

Telset.id, Jakarta – Permintaan seorang youtuber, Elle Darby untuk menginap gratis di sebuah hotel di Dublin, Irlandia berbuntut panjang. Setelah ditolak mentah-mentah oleh pihak hotel The White Moose Cafe, kini Darby malah harus menghadapi tagihan senilai 5,289.000 Euro atau sekitar Rp 86,6 miliar.

Semua berawal ketika permintaan Elle Darby yang dikirimkan lewat email kepada hotel The White Moose Cafe ditolak oleh pemilik hotel tersebut, Paul Stenson. Tak sampai disitu, Stenson pun mempublikasikan permintaan tersebut lewat akun Facebook resmi hotelnya.

Darby pun bereaksi dengan mengunggah video di channel YouTubenya yang malah menjadikan permasalahan mereka viral dimana-mana. Pihak hotel tersebut bahkan menuai banyak kecaman dari para Youtuber, teman-teman Darby yang merasa bersimpati.

Dilansir dari The Sun, akhirnya Stenson mengirimkan invoice atau tagihan terhadap Darby. Itu terjadi karena pihak hotel merasa Darby mendapatkan banyak keuntungan berupa publikasi dari permasalahan mereka yang jadi viral.

“114 artikel di 20 negara dengan potensi mencapai 450 juta orang,” tulis pihak hotel pada tagihan untuk Darby.

[Baca Juga: Permalukan YouTubers, Hotel Ini Diboikot]

“Pembayaran wajib menggunakan mata uang Euro. Kami tidak menerima pembarayan menggunakan Poundsterling. Mention dalam video tidak dianggap sebagai bentuk pembayaran,” catat pihak hotel.

Memang, semenjak permasalahan itu menjadi viral, subscriber channel YouTube Darby meningkat dari 87 ribu menjadi 94 ribu subscriber. Sementara untuk akun Instagramnya, jumlah followers-nya bertambah dari 76 ribu menjadi 85 ribu followers.

Tak hanya itu, Darby pun mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak yang berimbas diterimanya review negatif pada hotel yang menolak dirinya untuk menginap gratis.

“Komunitas blogger adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, jika Anda berurusan dengan salah satu dari kami, Anda berurusan dengan kami semua,” tegas seorang blogger. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here