telset

Drone jadi Model Fashion Show Dikritik seperti Hantu

Telset.id,Jakarta – Tidak selamanya teknologi canggih akan mendapat sambutan positif. Seperti misalnya peragaan busana di Arab Saudi yang menggunakan drone sebagai pengganti model wanita, justru mendapat kritikan dari netizen yang mengatakan lebih mirip hantu.

Penyelenggara acara peragaan busana di hotel Jeddah Hilton awalnya sangat bangga memamerkan ‘pendekatan berbeda’ untuk menampilkan gaun desainer kondang, di depan audiens yang mayoritas pria. Penggunaan drone ini untuk mensiasati aturan ketat di Negeri Petro Dollar tersebut.

Seperti diketahui, para wanita di Arab Saudi terikat oleh aturan konservatif terkait cara berbusana, dimana mereka tidak boleh memamerkan kemolekan tubuhnya di hadapan pria di muka umum.

Oleh sebab itu, panitia coba mengakalinya dengan menggunakan “model pakaian terbang” berwujud drone. Sayangnya, hal ini justru mendapat banyak kritikan dan kemarahan di lini masa.

Dengan sinis, sejumlah netizen memberikan komentar mereka dengan menyamakan peragaan busana ‘pakaian terbang’ itu dengan pertunjukan horor.

“Ini seperti film hantu,” kicau seorang pengguna Twitter.

“Saya akan mati di peragaan busana di Saudi ini. Mereka tidak mengizinkan model wanita,” tulis netizen lain.

Baca juga: Drone Ini Bisa Angkut Beban 9 Kg Sejauh 800 Km

Seorang juru bicara hotel Jeddah mengatakan, acara ini sebenarnya sudah berlangsung setiap tahun, di setiap bulan Ramadan. Tetapi ini merupakan pertama kalinya mereka menggunakan robot drone.

Untuk diketahui, sebenarnya ada banyak model wanita di negara ini. Pada bulan April, Arab Saudi mengadakan acara Official Fashion Week untuk pertama kalinya.

Acara itu disebut Pekan Mode Arab Riyadh dan hanya boleh ditonton oleh wanita. Desainer pria tidak diperbolehkan melihat, bahkan di belakang panggung sekalipun. Selain itu, ada sejumlah aturan ketat lainnya yang tidak boleh dilanggar.

Awal pekan ini, Arab Saudi juga mengeluarkan peraturan baru bagi wanita di negara tersebut dibolehkan memiliki SIM dan menyetir mobil sendiri. Selama ini Arab Saudi dikenal sebagai satu-satunya negara di dunia yang melarang wanita mengemudikan mobil sendiri.

Penggunaan drone di event fashion show di Arab Saudi ini bukanlah yang pertama. Pemandangan unik tersebut sebelumnya juga sudah dilakukan di event Milan Fashion Week 2018, yang digelar pada Februari 2018 lalu.

Baca juga: Drone Mulai Gantikan Tugas Peragawati di Atas Catwalk

Adalah rumah fashion terkenal, Dolce & Gabbana, yang ikut dalam event tersebut tidak menggunakan jasa model cantik untuk memamerkan koleksi produk mereka. Yang melenggak-lenggok di atas catwalk adalah drone.

Pesawat nirawak atau drone ini, sengaja dimanfaatkan oleh Dolce & Gabbana untuk memberikan pengalaman pertunjukan mode yang berbeda dibandingkan perhelatan-perhelatan sebelumnya [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0