Dinilai Penting, Peneliti Sampai Bikin AI Khusus untuk Selfie!

Aplikasi khusus selfie

Telset.id, Jakarta – Meski terkadang berulah konyol, namun aktifitas selfie kini telah menjadi tren yang paling digemari semua orang. Dan mungkin karena sudah dianggap penting, tren selfie kini juga telah membuat para peneliti “turun tangan” untuk menciptakan teknik foto selfie dengan bantuan Artificial Intelligence (AI).

Smartphone yang menjagokan kamera depan memang sedang menjadi tren saat ini. Bahkan beberapa smartphone memberikan dua kamera di bagian depan untuk kepuasan penggunanya yang menggemari selfie.

Kini para ahli mencoba membantu para penggemar selfie agar bisa mengambil foto dengan baik dan menghasilkan gambar yang berkualitas dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence.

Dilansir dari Engadget, para peneliti dari University of Waterloo Kanada sedang mengembangkan aplikasi khusus selfie yang ditanamkan algoritma yang mampu membantu penggemar selfie untuk menghasilkan foto selfie yang berkualitas.

Ada beberapa faktor yang akan dibantu atau diarahkan algoritma ini seperti arah pencahayaan, ukuran wajah, dan posisi, mirip seperti seorang sutradara yang mengarahkan Anda sebagai seorang artis selfie untuk mengambil foto terbaik.

Para peneliti ini meminta bantuan ratusan teknisi asal Turki untuk menilai kemampuan aplikasi tersebut dalam memberikan arahan pengambilan foto selfie. Hasilnya, para teknisi tersebut menilai hasil selfie mereka meningkat 26% jika dibandingkan dengan mengambil selfie tanpa bantuan aplikasi ini.

“Ini baru permulaan dari apa yang mungkin. Kita bisa memperluas variabel untuk memasukkan variabel seperti gaya rambut, jenis senyuman atau bahkan pakaian yang Anda pakai,” ucap Dan Vogel, salah satu peneliti yang mengembangkan algoritma khusus selfie.

Aplikasi buatan oara peneliti ini sendiri masih belum dilepas ke pasaran seperti Play Store atau App Store, namun jika sudah mencapai tahap pengembangan akhir, kemungkinan besar aplikasi tersebut akan segera bisa digunakan. (FHP/MS/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here