Di Tangan Ilmuwan, Ponsel Bisa jadi Mikroskop

Telset.id, Jakarta – Ponsel cerdas Anda bisa menjadi mikroskop dan berfungsi secara baik untuk memeriksa sampel sekecil 1/200 milimeter. Semua berkat jasa peneliti asal Australia yang telah mengembangkan perangkat klip-on.

Menurut Engadget, perangkat tersebut tidak memerlukan sumber cahaya atau sumber eksternal untuk menghasilkan gambaran jelas tentang organisme mikroskopis dan sel hewan, tumbuhan, maupun manusia.

Lantas, bagaimana caranya? Siapa saja yang memiliki printer 3D bisa melakukannya. Tidak menggunakan LED berukuran besar, perangkat temuan itu cukup bekerja lewat terowongan iluminasi internal yang dibantu lampu blitz kamera.

Hasil rekaman kamera ponsel yang dibantu terowongan iluminasi internal serta lampu blitz lantas dicetak dalam ukuran 3D. Ketika cetakan keluar, setiap orang bisa melihat seperti apa wujud organisme mikroskopis dan sel yang diteliti.

“Kami telah merancang mikroskop sederhana yang memanfaatkan penerangan terpadu yang tersedia di hampir semua kamera ponsel,” kata Pimpinan tim peneliti, Dr Anthony Orth,

Ia menambahkan, perangkat tersebut dapat digunakan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Sifatnya pun portabel dan cocok dipakai untuk pantauan jarak dekat maupun jarak jauh.

“Kami merekomendasikannya untuk digunakan menguji kebersihan air, mendeteksi penyakit, serta menganalisis sampel darah guna mengetahui parasit,” sambung Orth.

[Baca juga: 8 Alasan Kenapa Nokia 8 Layak Dibeli]

Upaya ini bukan kali pertama yang dilakukan oleh ilmuwan. Pada 2016, perusahaan Italia Smart Micro Optics juga pernah mencoba mengubah ponsel menjadi mikroskop.

Kala itu, rangkaian lensa Blips bisa mengubah kamera telepon menjadi mikroskop digital yang mampu memperbesar objek hingga 80 kali. [SN/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0