Google DeepMind Ajarkan AI Parkour, Hasilnya Menggemaskan

Telset.id, Jakarta – Divisi artificial intelligence (AI) Google, DeepMind berhasil mengajarkan AI buatan mereka untuk melakukan parkour — aktivitas berpindah tempat secara efisien — di dunia digital yang penuh rintangan.

Untuk mengajarkan AI untuk melakukan parkour, tim DeepMind memilih untuk menggunakan metode Reinforcement Learning (RL). Metode ini memakai pendekatan dengan memberikan penghargaan saat AI menyelesaikan tugas tertentu.

Jika sang AI berhasil menyelesaikan tugas, maka dia akan diberikan hadiah. Sebaliknya, jika dia gagal menyelesaikan tugas, maka mereka akan mendapatkan hukuman. Cara ini yang dianggap cocok untuk melatih AI untuk melakukan parkour.

Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika ini menyebutkan bahwa saat ini AI ini sudah mulai belajar melakukan parkour di dunia digital.  Namun, suatu hari nanti, hasil penelitian ini bisa digunakan untuk membantu memprogram robot yang bisa melewati rintangan di dunia nyata, seperti dirangkum dari laman The Verge.

Selain metode pembelajaran RL, tim DeepMind hanya menambahkan sensor. Sensor ini sendiri hanya berguna untuk mengecek apakah AI dalam keadaan tegak atau tidak yang akan memberi insentif untuk bergerak.

Hasilnya, AI ini dapat melahap rintangan parkour yang cukup sulit, namun terlihat sangat menggemaskan. Untuk menyaksikan sang AI melakukan parkour, Anda bisa melihat aksinya di video di bawah ini. Selamat menyaksikan! [NC/MS]

SourceThe Verge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0