Charger KW Jadi Biang Kerok Kebakaran Tiga Rumah di Malaysia

Charger KW

Telset.id, Jakarta – Penggunaan aksesori tak resmi menyisakan peristiwa kelam di dunia smartphone. Kebakaran akibat smartphone meledak, yang tak sedikit berujung kematian, terjadi di beberapa negara. Dan, salah satu penyebab kebakaran adalah penggunaan charger KW atau palsu untuk smartphone.

Menurut laporan Malaysia Sinchew, di Malaysia ada tiga rumah terbakar setelah seorang warga menggunakan charger KW atau kabel pengisi daya baterai smartphone tak resmi. Smartphone pun seketika meledak.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (6/12/2019), api dengan cepat membesar sehingga tidak hanya membakar rumah warga itu, tetapi juga menyebar ke rumah-rumah di sekitarnya. Alhasil, penduduk sekitar pun panik.

{Baca juga: Tragis! Gadis Tewas Terkena Ledakan Ponsel yang Dicas Semalaman}

Berdasarkan keterangan pihak berwajib, seorang yang tinggal di rumah tersebut mendengar ledakan keras dari sebuah kamar. Kemudian, didapati bahwa suara berasal dari alat pengisi daya yang meledak hebat.

Kala itu, api sudah membakar beberapa barang. Warga tersebut mencoba memadamkan api dengan cara menyiramnya menggunakan air tetapi tidak berhasil. Petugas pemadam kebakaran pun lantas dipanggil ke lokasi.

{Baca juga: Lagi Ngecas HP, Pria Thailand Tewas Kesetrum Saat Tidur}

Tatkala petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi, rumah itu sudah terbakar 85 persen. Sementara rumah-rumah milik tetangga terbakar sekitar 10 persen. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

September 2019 lalu, Kritsada Supol, seorang pria di Chonburi, Thailand, tewas dengan konsidi masih mengenakan earphone. Aksesori itu digunakan di smartphone yang terhubung dengan charger yang diduga KW. (SN/FHP)

Sumber: Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here