Catat! Berlama-lama di Depan Monitor Tidak Merusak Mata

Telset.id, Jakarta – Selama ini ada anggapan bahwa melihat layar komputer dalam jangka waktu yang lama dapat merusak mata. Namun menurut hasil penelitian, berlama-lama menatap layar komputer tidak akan merusak mata Anda. Mana yang benar?

Menurut penuturan seorang dokter spesialis, seperti dikutip Telset.id dari The Verge, menatap layar komputer dalam waktu berjam-jam tidak akan membuat Anda buta. Mungkin, yang terjadi hanyalah mata terasa pedih.

Satu lagi yang menjadi masalah, menatap lama layar monitor bakal membuat Anda mengalami gejala sindrom penglihatan komputer. Mata dalam kondisi tegang dan terasa kurang nyaman.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat mencoba menyesuaikan letak monitor dan meja komputer. Atas izin Yang Maha Kuasa, rasa sakit di mata Anda hilang.

Atau, coba Anda menggunakan tetes mata yang berfungsi melembabkan. Bisa pula menjajal tips berkode 20-20-20. Apakah itu?

Setelah 20 menit menatap layar, Anda harus menatap sesuatu sejauh 20 kaki selama 20 detik. Selanjutnya, istirahat sejenak sebelum kembali di depan monitor.

Kalau punya dana lebih, belilah kacamata penyaring cahaya biru. Alat itu bisa membantu mengurangi rasa pedih serta lelah di mata Anda meski menatap monitor seharian penuh.

Nah, dari sekian solusi yang dipaparkan di atas, kira-kira mana yang akan Anda coba? [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here