Astronot ISS Temukan Floppy Disk di Luar Angkasa

Telset.id, Jakarta – International Space Station (ISS) atau stasiun luar angkasa baru saja merayakan ulang tahun ke-20. Para astronot ISS menemukan floppy disk, salah satu pengingat kecil dari sejarah panjang stasiun luar angkasa tersebut.

Pengingat kecil dari sejarah panjang itu adalah floppy disk lama yang penuh dengan folder. Bagi generasi 90-an, tentu tidak asing dengan floppy disk karena pernah menjadi kekuatan utama dalam penyimpanan komputer.

Sekarang, floppy disk hanya menjadi simbol nostalgia bagi sebagian orang. Seorang astronot ISS, Alexander Gerst, pun membagikan foto floppy disk yang ditemukannya di luar angkasa pada awal pekan lalu.

Gerst mengaku menemukan loker di ISS yang kemungkinan belum dibuka dalam rentang waktu cukup lama. Salah satu floppies diberi label berisi Norton Utilities untuk Windows 95/98 dan beberapa memiliki simbol NASA.

Ada juga disket yang berjudul “Crew Personal Support Data Disk” dengan nama Shep dan Sergei. Disket itu kemungkinan untuk astrono NASA William Shepherd dan kosmonot Rusia Sergei Krikalev, yang merupakan kru Expedition 1 pada 2010.

Berdasarkan laporan CNET, keberadaan floppy disk di stasiun luar angkasa merupakan pengingat yang menyenangkan dari ISS. Bagi mereka, teknologi telah datang, tetapi peninggalan masa lalu masih ada.

Belum lama ini, Badan Antariksa Amerika Serikat alias NASA mengumumkan penerbangan pertama dengan awak menggunakan roket milik SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS pada Juni 2019 mendatang.

Sumber: CNET

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here