Home NGEHITS Viral Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif Covid-19

Viral Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Positif Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan positif Covid-19 (Foto : Suara.com)

Telset.id, Jakarta – Hari ini jagat maya dan media sosial dihebohkan dengan kabar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan positif Covid-19. Anies mengonfirmasi bahwa dirinya positif Covid-19 tanpa gejala dan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri. 

Pernyataan mengenai kondisi kesehatannya disampaikan Anies melalui video di kanal YouTube Anies Baswedan yang diposting media sosial Twitter @aniesbaswedan pada Selasa (01/12/2020). 

“Kepada warga Jakarta, izinkan saya memberi penjelasan tentang kondisi saya saat ini. Mari kita saling jaga dan saling dukung. Semoga kita semua terus diberi kesehatan oleh Allah SWT,” cuit @aniesbaswedan.

Kronologis Terpapar Covid-19

Melalui video, Anies menjelaskan kronologis dirinya positif terpapar Covid-19. Orang nomor 1 di DKI Jakarta itu menyatakan bahwa ia selalu rutin melakukan test swab.

Menurutnya, ia terakhir melakukan test swab pada Rabu 25 November 2020 hasilnya negatif. Kemudian saat tersiar kabar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria positif Covid-19, Anies pun kembali melakukan test swab. 

“Saat mendengar kabar Pak Wagub positif, dan karena kami ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai dengan protokol kesehatan saya kembali melakukan test swab,” cerita Anies. 

{Baca juga: Anies Tarik Rem Darurat, Netizen “Ribut” Soal PSBB Jakarta}

Pada hari Minggu 29 November 2020, Anies menjalani test swab antigen dan hasilnya negatif Covid-19. Selanjutnya dirinya menjalankan test swab PCR untuk memberikan konfirmasi atas test swab antigen.

Dari hasil test swab PCR yang dilakukan pada Senin 30 November 2020, memastikan mantan rektor Universitas Paramadina itu positif Covid-19.

“Hari senin 30 November 2020 saya menjalani swab PCR dan konfirmasi antigen dan ternyata malamnya dini hari saya mendapatkan kalo hasilnya positif,” tambah Anies. 

Melalui video tersebut, Anies juga meminta kepada siapa pun yang pernah bertemu dengannya untuk melakukan test swab. Tujuannya untuk mendeteksi siapa saja yang tertular dan tidak tertular Covid-19 dari Anies.  

Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria melakukan konferensi pers mengenai penanganan Covid-19 di Jakarta (Foto: Kompas.com)

“Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test,” jelas Anies.  

“Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan,” tambahnya.

Terakhir Anies akan menjalani isolasi mandiri di rumah dinas dan terpisah dengan keluarga. Selama menjalani isolasi dirinya akan tetap memimpin rapat-rapat secara virtual. 

“Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu,” ujar Anies.

Rencananya unit kantor gubernur akan ditutup  namun Balai Kota tetap buka. Dirinya memohon doa kepada warga DKI Jakarta supaya bisa sembuh dari Covid-19 dan meminta warga Jakarta untuk mematuhi protokol kesehatan. 

Warganet Sampaikan Doa

Cuitan Anies Baswedan positif Covid-19 langsung viral di media sosial. Cuitan tersebut mendapat 1,1 ribu retweet, 935 tweet kutipan lalu 5,3 ribu likes dan 2,6 ribu komentar dari warganet.

Mayoritas warganet menyampaikan doa dan berharap semoga mantan menteri pendidikan itu cepat sembuh dari Covid-19 seperti akun @ammikku.

“Semoga Allah memberikan kesembuhan, Aamiin Allahumma Aamiin,” cuit @ammikku.

Selanjutnya ada juga akun @echaasmawi yang juga mengucapkan doa kesembuhan kepada Allah Swt.

“Semoga Pak Anies Baswedan selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin,” cuitnya.

Kemudian ada juga akun @yenpaduzie yang berdoa dan berharap semoga cepat sembuh sehingga bisa kembali bekerja untuk DKI Jakarta.

{Baca juga: Mamah Dedeh Positif Covid-19, Warganet Doakan Lekas Sembuh}

“Syafakallah pak, Insya Alloh disehatkan dan dapat kembali berkarya untuk Jakarta,” jelas @yenpaduzie.

Terakhir ada juga dari akun @ahmad21ok yang juga memberikan doa supaya Anies Baswedan bisa cepat sembuh dari Covid-19.

“Semoga cepat sembuh pak Gubernur. Aamiin ya Allah,” cuitnya.

Hingga kini jumlah komentar berisi doa dan dukungan terus mengalir kepada Anies Baswedan. Semoga cepat sembuh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. [NM/HBS]

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here