Akui Video Plagiat, Calon Sarjana Minta Maaf

Akun YouTube Calon Sarjana

Telset.id, Jakarta – Akun YouTube Calon Sarjana akhirnya bersuara. Lewat kanal Youtube-nya, mereka mengakui telah melakukan pencurian atau plagiat konten video milik channel YouTube @JTonYouTube. Mereka pun meminta maaf kepada publik atas tindakan tak terpujinya itu.

Lewat akun @CalonSarjanaaa mereka membuat cuitan panjang mengenai video plagiat tersebut. Dalam cuitannya yang diposting pada Kamis (07/11/2019), mereka meminta maaf kepada kanal Youtube JT atau JTonYouTube terkait video Parlophone dan ratusan video lainnya yang dicomot.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube “JT” @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan,” cuit Calon Sarjana.

Kemudian Calon Sarjana juga mengaku sudah menghubungi JTonYouTube untuk meminta maaf, serta telah menghapus video plagiat tersebut.

“Kami juga sudah menghubungi pihak bersangkutan, dalam hal ini channel YouTube “JT”  @JTonYouTube, terkait masalah ini. Oleh karena itu, kami sudah menghapus video yang terkait dari channel kami,” cuitnya. 

{Baca juga: Mau Berlangganan YouTube Music Premium? Begini Caranya}

Kemudian Calon Sarjana menjelaskan jika tidak ada unsur kesengajaan terkait video tersebut. Pasalnya, mereka mengklaim jika selalu menyantumkan sumber ketika membuat sebuah video, tujuannya untuk menghormati hak cipta video tersebut.

“Kami selalu berusaha untuk mencantumkan sumber dari potongan-potongan video yang kami gunakan, dan mengakui bahwa kami sangat menyesal telah melakukan kelalaian, sehingga masalah ini bisa terjadi,” tambahnya.

Terakhir, Calon Sarjana meminta maaf kepada publik dan juga 12,4 juta subscribers-nya. Mereka berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, dan berharap agar kasus ini bisa menjadi pelajaran untuk semua konten kreator.

{Baca juga: Selamatkan Bumi, Para Youtuber Bersatu Tanam 20 Juta Pohon}

“Terima kasih atas semua koreksinya. Semoga apa yang kami alami saat ini menjadi pelajaran untuk tidak melakukan kesalahan di masa yang akan datang, dan juga untuk lebih menghargai karya orang lain,” tutup Calon Sarjana. [NM/HBS]

Previous articleCalon Sarjana Plagiat, Ernest: Bikin Malu Satu Negara
Next articleMasa Depan Edutech di Tangan Nadiem Makarim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here