Wah.. AI Kini Juga Bisa Jadi Juri Lomba Foto

Telset.id, Jakarta – Selain bisa meramal perceraian dan membuat wajah manusia palsu, AI (artificial intelligence) ternyata juga memiliki keahlian lain yang belum banyak diketahui. Teknologi AI kini juga dapat menjadi juri lomba foto untuk hewan peliharaan.

Perusahaan penelitian dan pengembangan veteriner Vet-AI, mengadakan kompetisi untuk menemukan anjing atau kucing terlucu menggunakan aplikasinya, Joii.

Dikutip Telset.id dari Mirror, Minggu (17/03/2019), penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk menilai kompetisi foto hewan peliharaan, baru pertama kali dilakukan.

“Teknologi yang akan kami gunakan untuk kompetisi didasarkan pada model pengenalan gambar yang sebelumnya saya buat untuk aplikasi Joii, untuk mendeteksi kondisi kulit,” kata kepala ilmuwan data di Vet-AI, Trevor Hardcastle.

{Baca juga: Pertama di Dunia, “Robot AI” Jadi Pembaca Berita TV di China}

Ia mengatakan, bagian yang sangat pintar dari teknologi ini, adalah karena dapat dilatih untuk belajar dari serangkaian gambar apa pun.

“Kami telah memberikannya puluhan ribu gambar untuk dipelajari dan sejauh ini, seluruh tim setuju dengan pilihan utamanya,” jelasnya.

Para peneliti memberi refrensi ribuan gambar kucing dan anjing untuk dipelajari, melatihnya untuk mempelajari fitur dalam gambar dan menganggap apakah hewan peliharaan itu lucu atau tidak.

“Kami terpesona melihat bagaimana pendapat AI tentang kecantikan. AI memiliki kemampuan luar biasa untuk mempelajari fitur visual yang paling dalam, halus, dan sulit dipahami,” kata Hardcastle.

{Baca juga: AI Pemburu Alien Deteksi Puluhan Sinyal Misterius}

Dari 3.600 foto yang masuk, terpilih 10 kucing dan anjing yang menurutnya lucu. Setelah itu, para ahli hewan dan juga pakar dibidang branding akan memilih pemenangnya. [BA/HBS]

Sumber: Mirror.co.uk 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0