9 Ponsel Legendaris Nokia, Pernah Punya?

Telset.id, Jakarta – Sebelum booming-nya smartphone Android dan iPhone, ada satu pabrkan ponsel yang merajai pasar di rentang tahun 90-an sampai 2000-an, yakni Nokia. Perusahaan asal Finlandia ini banyak menelorkan inovasi baru di setiap ponsel besutannya, baik dari sisi desain, maupun fitur. Bahkan beberapa diantaranya menjadi ponsel legendaris

Di era smartphone seperti sekarang, ada dua nama yang paling menonjol di pasar, yakni Samsung dan Apple. Yup, kedua vendor papan atas itu sangat dikenal dengan produk-produk smartphone andalannya, Samsung dengan Galaxy series dan Apple dengan iPhone-nya.

Baca Juga: HP Nokia Terbaru

Tapi jauh sebelum kedua vendor tersebut berjaya, nama Nokia telah lebih dulu menguasai pasar di era 90-an. Kala itu, hampir semua lapak di toko ponsel diisi oleh ponsel-ponsel buatan Nokia. Berbagai inovasi keren telah ditelurkan Nokia, dan bahkan beberapa diantaranya menjadi cikal bakal smartphone modern yang ada sekarang.

Nah, diantara ponsel-ponsel keluaran Nokia yang beredar, tentunya terdapat ponsel yang “dicap” legendaris. Dan pasti beberapa ponsel legendaris Nokia itu memiliki kenangan tersendiri bagi Anda yang pernah memakainya.

Produk ponsel Nokia yang melegenda sebenarnya cukup banyak, namun kali ini Telset.id hanya akan mengulas 9 ponsel legendaris dari Nokia. Ingin tahu ponsel apa saja? Check this out!

Nokia 8110

nokia-8110

Pernah dengar istilah Nokia Pisang? Bagi Anda yang dulu pernah memilikinya akan tertawa bahagia ketika kami menempatkannya di posisi pertama. Kenapa? Karena selain julukannya yang nyeleneh, ponsel ini memang memiliki desain yang unik. Nokia 8110 mengusung sistem slide berbentuk melengkung, maka itulah dia dijuluki Nokia Pisang.

Bisa jadi, ponsel ini merupakan cikal bakal dari ponsel bergaya melengkung yang saat ini sedang menjadi tren, seperti LG G Flex atau Samsung Galaxy S6 Edge dan penerusnya. Well, apakah Anda memiliki memori indah dengan si Nokia pisang?

Nokia 9000 Communicator

nokia-9000-communicator

Sebelum Apple tenar seperti sekarang, Nokia sudah lebih dulu muncul sebagai pionir untuk urusan inovasi, dengan membuat ponsel-ponsel yang canggih nan futuristik. Nokia 9000 Communicator merupakan salah satu karya terbaik Nokia yang melegenda. Nokia merilis Nokia 9000 Communicator tahun 1996,  yang mungkin beberapa dari Anda belum lahir atau baru lahir.

Kehebatan ponsel ini adalah sudah memiliki fitur-fitur canggih dan wujudnya menyerupai sebuah laptop kecil yang pas digenggaman. Nokia Communicator sudah memiliki fitur-fitur canggih layaknya smartphone modern, seperti browser, email, dan lainnya yang mampu mengambil hati para pebisnis di kala itu.

Meskipun bodynya cukup bongsor, namun tetap saja ponsel ini sangat disukai, karena membuat penggunanya kala itu terlihat keren saat menentengnya. Dan bisa dikatakan, Nokia Communicator menjadi cikal bakal dari smartphone-smartphone modern yang ada saat ini.

Nokia 3310

nokia-3310-1

Ponsel yang dinobatkan sebagai ponsel terbaik sepanjang masa ini pertama kali dirilis pada tanggal 1 September 2000. Kenapa bisa dibilang terbaik? Karena ponsel ini memiliki tampilan yang sederhana dan sangat mudah digunakan. Karena kesederhanaannya itulah yang membuat Nokia 3310 bisa digunakan di segala segmen usia, dari muda hingga orang tua. Hebatnya, Nokia 3310 masih menjadi idola bagi banyak orang hingga kini.

Selain wujudnya yang sederhana, ponsel ini juga dikenal karena ketangguhannya alias tahan banting. Yang menarik, karena ketangguhannya itu, banyak muncul meme-meme lucu untuk menggambarkan “keperkasaan” Nokia 3310.

“Nokia 3310 jatuh ke lantai, lantainya yang retak”

nokia-3310

Nah kira-kira seperti itulah meme yang menggambarkan ketangguhan dari Nokia 3310. Apakah Anda juga memiliki pengalaman lucu saat menggunakan ponsel ini?

Nokia 1110

nokia-1110

Anda mungkin tidak percaya atau belum pernah tahu, kalau ponsel yang satu ini berhasil terjual lebih dari 250 juta unit di seluruh dunia di tahun 2003. Ya, selain harganya yang terjangkau, desain casing Nokia 1110 yang sederhana tapi elegan di masa itu menjadi daya tarik untuk memikat hati para pengguna.

Mungkin bagi Anda yang pernah menggunakannya, pasti mengingat bahwa salah satu keunggulan dari ponsel ini adalah tombolnya yang empuk dan nyaman untuk bermain game Snake atau SMS-an kan?

Nokia 3650

nokia3650

Untuk Anda yang pada tahun 2003 masih menginjak usia remaja, seharusnya tahu Nokia 3650, karena ponsel ini menjadi primadona para remaja saat itu. Ya, Nokia pada 2004 meluncurkan ponsel Nokia 3650 yang memiliki desain aneh dengan keypad memutar yang sebenarnya menyulitkan pengguna saat memakainya.

Meski agak ribet memakainya, namun terbukti Nokia 3650 merupakan salah satu ponsel paling terkenal di kalangan remaja tahun 2003. Bagi Anda yang pernah memilikinya, pasti akan menyesal sudah melepasnya.

Nokia N-Gage

nokia-ngage-qd

Sebelum adanya smartphone khusus game seperti Sony Xperia Play dan lainnya, Nokia menjadi yang pertama dalam memperkenalkan ponsel gaming. Melihat wujudnya, Nokia N-Gage memiliki bentuk seperti konsol game yang terkenal saat ini, yakni GameBoy Advance.

Ponsel ini juga memiliki dua versi yakni N-Gage Classic dan N-Gage QD yang juga di dalamnya terdapat beberapa game terkenal seperti Ashpalt dan Call of Duty.

Banyak anak muda di era tahun 2003 pasti pernah “memaksa” orang tua mereka untuk membelikan ponsel ini. Karena dulu setiap anak muda yang memiliki Nokia N-Gage, dijamin akan terkenal di sekolah atau lingkungannya. Apakah Anda pernah menjadi tenar di sekolah karena memakai Nokia N-Gage?

Nokia 7610

nokia7610

Bisa dibilang, ponsel ini salah satu dari sekian banyak ponsel Nokia yang berdesain unik. Nokia 7610 bahkan waktu itu dijuluki sebagai Nokia ketupat, karena desainnya yang memang menyerupai ketupat namun panjang.

Sebenarnya, Nokia 7610 adalah ponsel yang dibuat untuk memperbaiki kegagalan ponsel seri sebelumnya, yakni Nokia 7600 yang memiliki bentuk super nyeleneh, karena benar-benar berbentuk seperti ketupat dengaa layar di tengah dan tombol-tombol di kedua sisinya.

Nokia 7280

Ingin tahu ponsel Nokia yang memiliki bentuk aneh namun bergaya? Ya, jawabannya adalah Nokia 7280. Selain bentuknya yang anti-mainstream, ponsel ini juga berukuran kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana dan bisa disimpan di saku baju atau celana.

Hingga kini, banyak yang masih mencari ponsel ini karena sudah tergolong rare di para pencinta ponsel jadul. Jadi yang masih memilikinya, simpan dan rawat baik-baik, karena siapa tahu ditawar para kolektor dengan harga selangit.

Nokia N95

nokia-n95-8gb-725

Kali ini adalah jajaran ponsel Nokia premium yang dikeluarkan tahun 2007. Layaknya smartphone jaman sekarang, Nokia N95 sudah mampu menyematkan beberapa fitur canggih di masa itu, seperti kamera dengan resolusi besar, GPS, pemutar musik, dan terobosan teknologi canggih lainnya.

Namun sangat disayangkan, mungkin inilah titik dimana kejayaan Nokia mulai menurun karena pada tahun yang sama, Apple juga meluncurkan seri iPhone pertamanya. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0