5 ‘Software Kantoran’ yang Wajib Dikuasai Karyawan Baru!

Software Kantoran Karyawan Baru

Telset.id – Karyawan baru di sebuah perusahaan perlu akrab dengan teknologi komputer, khususnya software kantoran yang sering digunakan. Beberapa software seperti Microsoft Office Excel, Microsoft Office Word, dan PowerPoint wajib dikuasai.

Ada banyak software yang digunakan oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Software tersebut sangat membantu kinerja karyawan dan menjadi perangkat yang digunakan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

{Baca juga: 5 Aplikasi Kompres File PDF di Android Gratis Terbaik 2019}

Tapi ada software kantoran yang wajib dikuasai para karyawan baru. Kalian harus mahir menggunakan software yang sering dipakai di banyak perusahaan. Sedikitnya ada 5 software kantoran yang harus kalian kuasai.

Nah, berikut ini 5 software kantoran yang harus dikuasai para karyawan baru:

Microsoft Office Word 

Link Beli Software 

Software kantoran Karyawan Baru Microsoft Office Word 

Software pertama yang harus  dikuasai dari Microsoft Office Word. Software ini standar digunakan oleh hampir semua perusahaan, terutama untu membantu dalam mengolah data, seperti mengetik artikel notulen, membuat laporan, ataupun menulis undangan.

Perangkat lunak ini ini tidak hanya mendukung pengguna untuk mengetik huruf dan angka saja. Microsoft Office Word juga mendukung penggunaan gambar, tabel, word art, serta penomoran halaman dan hasil ketikan bisa disimpan atau dicetak.

{Baca juga: 11 Tips ‘Ngetik’ di Microsoft Word, Kerja Jadi Cepat}

Formatnya mulai dari .txt hingga format pdf. Microsoft Office Word adalah perangkat yang harus dikuasai oleh first jobber, karena semua mayoritas perusahaan atau instansi pemerintah menggunakan Microsoft Office Word.

Beberapa pekerjaan yang sering menggunakan software ini seperti misalnya membuat laporan, membuat surat izin, pengumuman ataupun kegiatan adminstratif lainnya. Perangkat ini juga harus didukung dengan kampuan kalian untuk mengetik dengan baik dan cepat.

Microsoft Office Excel 

Link Beli Software 

Software kantoran Karyawan Baru Microsoft Office Excel 

Microsoft Office Excel adalah software yang dapat membantu mengolah kata dan angka.  Software ini 1.048.576 baris kali 16.384 kolom yang bisa digunakan untuk membuat laporan kerja khususnya laporan yang berhubungan dengan angka.

Selain itu Microsoft Office Excel juga memiliki puluhan rumus perhitungan yang bisa membantu ketika ingin menghitung penjumlahan, pengurangan atau menemukan rata-rata dari data angka yang dimiliki.

{Baca juga: Cara Ubah Dokumen CSV ke XLS}

Microsoft Office Word adalah perangkat yang harus dikuasai oleh “First Jobber”, karena instansi pemerintah banyak menggunakan software ini untuk mempermudah dalam membuat laporan kerja atau laporan keuangan yang ada hubungannya dengan angka.

Selain itu dengan banyaknya kolom yang tersedia Microsoft Office Excel dapat membantu kalian ketika disuruh untuk membuat laporan dalam bentuk tabel.

Microsoft Office PowerPoint 

Link Beli Software

Karyawan Baru PowerPoint 

Software yang harus dikuasai selanjutnya adalah Microsoft Office PowerPoint. Perangkat lunak ini memberikan kemudahan pengguna ketika ingin mempresentasikan sebuah laporan atau data.

Microsoft Office PowerPoint menyediakan ratusan template slide yang bisa digunakan untuk membuat konten presentasi. Pengguna bisa mengatur warna, tata letak, ukuran dan gaya tulisan, serta urutan kata-kata yang muncul dalam sebuah slide.

Selain itu pengguna juga bisa menyisipkan konten video atau audio agar presentasi pengguna lebih menarik. Sebagai software untuk presentasi, maka Microsoft Office PowerPoint harus dikuasai oleh karyawan baru.

Alasannya, karena presentasi adalah hal yang sering terjadi di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah, sehingga perlu dipersiapkan dengan baik. Dengan kemudahan dan fitur yang ditawarkan maka Microsoft Office PowerPoint adalah software yang harus kalian kuasai.

Adobe Photoshop

Link Beli Software 

Software kantoran Karyawan Baru

Adobe Photoshop merupakan software yang diciptakan oleh Adobe System. Perangkat lunak ini diciptakan untuk membantu pengguna dalam melakukan pengeditan foto atau gambar.

Secara teknik Adobe mampu mengkombinasikan 2 gambar atau lebih menjadi 1 gambar baru. Selain itu melalui Adobe pengguna juga bisa membuat desain untuk poster dan  mempertajam warna dan kualitas sebuah gambar.

{Baca juga: Adobe Photoshop dan Premiere Elements 2020 Dilengkapi AI}

Kemampuan untuk menggunakan Adobe Photoshop memang harus dimiliki oleh kalian First Jobber. Kalian bisa mendapat nilai lebih di mata perusahaan karena memiliki kemampuan desain dengan software tersebut.

Alhasil ketika perusahaan membutuhkan poster kegiatan maka kalian mengajukan diri untuk mengerjakan hal tersebut.

Cloud Storage Software 

IBM| Google Cloud|Alibaba Cloud

Karyawan Baru

Layanan cloud sudah banyak digunakan oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Tujuannya agar data perusahaan bisa lebih aman dan mudah diakses jika dibutuhkan untuk keperluan kantor.

Sebagai karyawan baru, Anda harus dapat menggunakan layanan cloud. Mulai dari cara menyimpan data di cloud ataupun mengakses data tersebut untuk kepentingan pekerjaan.

Mereka juga harus bisa memilah mana yang harus disimpan di flash disk atau hard disk external dan kapan mereka harus menyimpan data di cloud.

Nah, itu tadi 5 software yang wajib dikuasai oleh seorang karyawan baru, terutama bagi kalian yang banyak bekerja dibidang administrasi. Jika ada salah satu software yang belum Anda kuasai, kami sarankan untuk segera mempelajarinya. [NM/HBS]

Previous articleKominfo dan BSSN Deteksi Malware Video Virus Corona
Next articleKeren! Atari Buka Hotel Bertema Video Game

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here