5 Resiko Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

ponsel pintar di kasur

Telset.id, Jakarta – Menggunakan ponsel sebelum tidur menjadi sebuah kebiasaan bagi para pengguna ponsel pintar aktif. Padahal, kegiatan ini memiliki efek negatif terhadap tubuh yang pastinya akan merugikan diri sendiri.

Salah satu penyebab utama bahaya dari penggunaan ponsel pintar sebelum tidur adalah cahaya biru yang hadir dar layar ponsel. Cahaya ini membantu pengguna untuk dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari, namun malah berbahaya jika digunakan saat keadaan gelap.

Selain itu, masih banyak lagi efek negatif lainnya saat menggunakan ponsel sebelum tidur. Nah, penasaran bukan efek apa saja yang dapat dialami jika terlalu sering menggunakan ponsel sebelum tidur? Silahkan simak rangkumannya yang telah tim Telset.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Kelelahan Otak

otak

Salah satu resiko saat menggunakan ponsel teralu lama sebelum tidur adalah lelahnya otak dari pengguna. Hal ini dikarenakan waktu tidur akan terpotong saat kita menggunakan ponsel pintar terlalu lama.

Akibatnya, segala aktifitas yang dilakukan pada keesokan harinya akan terganggu dikarenakan otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

2. Gangguan Syaraf

Selain lelahnya otak, kurangnya tidur akibat bermain ponsel juga membuat neurotoxin meningkat. Hal ini mengakibatkan saraf-saraf tubuh menjadi terganggu, apa lagi jika kebiasaan ini kerap dilakukan secara terus menerus.

3. Obesitas

Potensi penyakit lainnya akbiat terlalu lama menggunakan ponsel sebelum tidur adalah obesitas. Hal ini akan menimbulkan terpicunya rasa lapar.

Hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, meskipun kita telah makan malam. Mau tak mau, jika hal tersebut rutin dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

4. Depresi

depresi

Salah satu resiko terbesar dari penggunaan ponsel pintar sebelum tidur adalah menimbulkan depresi. Depresi bisa saja terjadi akibat kekurangan tidur sehingga hormon melatonin akan terganggu dan merusak mood.

Jika dilakukan terlalu lama, maka lambat laun tingkat depresi seseorang akan meingkat jika terus kurang tidur dikarenakan menggunakan ponsel pintar terlalu lama sebelum tidur.

5. Kerusakan Mata

Salah satu efek yang langsung terlihat dari cahaya biru dari layar ponsel adalah kerusakan mata. Hal ini dikarenakan retina mata akan menjadi tegang saat mata terpapar cahaya biru saat menggunakannya di keadaan gelap.

Bahkan, sejumlah peneliti dan dokter mata menyimpulkan, risiko terberat terlalu lama menatap layar ponsel adalah dapat menyebabkan katarak. [NC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here