5 Rekomendasi Smartphone Murah dengan RAM Besar

Telset.id – Jika mengacu pada teori Evolusi Darwin, manusia sepertinya bukan satu-satunya “mahkluk” yang mengalami perubahan dalam hidup. Teknologi smartphone juga mengalami hal serupa, baik dari sisi desain, maupun fitur-fitur canggih dengan kapasitas RAM besar.

Dimulai dari sekedar bisa menerima dan melakukan panggilan, kemudian berevolusi menjadi perangkat yang bisa mengirim dan menerima pesan singkat, hingga akhirnya menjelajah dunia maya.

Hal yang sama berlaku juga untuk urusan Random Access Memory atau lebih dikenal dengan nama kerennya RAM. Jika dulu kapasitas RAM 512MB masuk kategori populer, kini angka yang lebih besar telah diadopsi oleh banyak pabrikan. Bukan lagi 1 atau 2GB, tetapi juga 3GB, 4GB, hingga bahkan 8GB.

Pentingkah? Tentu saja, karena semakin besar RAM idealnya semakin ciamik pula performa sebuah smartphone. Apalagi dengan semakin majemuknya prosesor di luar sana. Bukan cuma aplikasi yang semakin besar memakan memori dalam RAM, tambahan suara, tekstur dan efek lainnya juga tak kalah membebani.

Nah, hebatnya, sistem multitasking di smartphone akan mematikan aplikasi yang kurang perlu saat RAM banyak dibutuhkan. Karenanya, semakin besar RAM, semakin baik pula performanya. Yah, disamping tentu saja semakin mahal pula harganya.

Tapi tenang, itu dulu. Kini dengan semakin banyaknya pabrikan smartphone, beragam alternatif pun bermunculan. Jangankan cuma smartphone murah berdesain mewah, atau smartphone murah berkamera bagus, smartphone terjangkau dengan RAM besar juga banyak.

Lima nama yang Telset.id rangkum berikut ini adalah beberapa di antaranya, yang membawa RAM 3GB dan dijual dengan harga terjangkau, di bawah Rp 2 jutaan.

Realme 2

Jadi pendatang baru di pasar smartphone tidak lantas membuat Realme 2 kalah saing dengan para pendahulunya. Di bawah layar Full Screen berukuran 6.2 inci (720×1520 piksel) yang dibawanya, ada prosesor Snapdragon 450 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB dan ROM 32GB.

Bukan spesifikasi terhebat, namun lebih dari cukup untuk memberikan pengalaman yang mulus saat bermain game berat sekalipun.

Baca juga: Mirip Oppo F9, Realme 2 Pro Punya “Waterdrop Notch”

Realme 2 juga didukung dengan baterai 4.230mAh yang lebih besar di kelasnya dan lebih cerdas dengan AI Power Master, yang dapat mengalokasikan sumber daya prosesor untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang serta mengurangi konsumsi daya hingga 5% – 11%.

Konfigurasi dual-camera 13MP + 2MP di bagian belakang serta 8MP di bagian depan lebih dari cukup untuk Anda yang suka selfie.

Asus Zenfone Live L1 ZA550KL

Dibanderol dengan harga Rp 1,6 jutaan, Asus Zenfone Live L1 ZA550KL menawarkan chipset Snapdragon 425 sebagai dapur pacunya, lengkap dengan sokongan RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Baca juga: Review Asus Zenfone Live L1: Jagokan Multimedia, Harga Terjangkau

Layar yang dibawanya 5,5 inci, dengan rasio layar 18:9. Itu berarti, resolusi layar perangkat ini adalah HD+ alias 720 x 1440 pixels. Di bagian kamera, Live L1 hadir dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP dengan fitur PDAF dan LED flash.

Asus Zenfone Live L1 ZA550KL cocok untuk Anda yang membutuhkan smartphone RAM 3 GB dengan harga murah.

Asus Zenfone Max (M1) ZB555KL

Hands-on Asus ZenFone Max Pro M1

Asus Zenfone Max (M1) ZB555KL adalah smartphone lainnya dari Asus yang mengusung RAM 3 GB dengan ROM 32 GB. Diperkuat oleh baterai berkapasitas 4.000mAh, ponsel yang dibanderol seharga Rp 1,8 juta ini menawarkan cadangan energi yang jauh di atas rata-rata kemampuan baterai smartphone yang tersedia di pasaran saat ini.

Di bawah layar 5,5 inci HD+ yang dibawanya, ada chipset Snapdragon 430 yang memungkinkan Anda melakukan banyak hal. Termasuk menghasilkan gambar yang bagus. Yang terakhir, tentu saja berkat resolusi kamera 8 MP di bagian depan dan dual kamera belakang 13 + 8 MP yang ada di badannya.

Xiaomi Redmi 5

Xiaomi Redmi 5 adalah smartphone dengan RAM 3GB lainnya yang dijual dengan harga Rp 1,7 juta. Secara kinerja, memuaskan untuk kelasnya. Ini tak lain berkat dukungan Snapdragon 450 yang diadopsinya.

Secara kinerja, mirip-mirip dengan Snapdragon 625. Ukuran layar 5,7 inci 18:9 dengan resolusi 720 x 1440 piksel juga turut melengkapi popularitasnya. Lengkap dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 12 MP.

Infinix Hot S3

Sama seperti rekan-rekannya di daftar ini, Infinix Hot S3 juga dibanderol dengan harga di bawah 2 juta. Perangkat ini dibekali Snapdragon 430 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Di sektor layar, Hot S3 membawa ukuran 5,65 inci HD+ dengan sokongan baterai 4.000 mAh.

Infinix Hot S3 hadir dengan kamera belakang 13 MP yang sudah memiliki fitur autofocus dan dual flash light. Di bagian depan, kamera 20 MP dengan fitur fixed focus dan dual flash light menjadi andalan.

Nah, buat Anda pecinta selfie yang mencari RAM kapasitas besar, namun berkantong cekak, ponsel yang dibanderol seharga Rp 1,8 juta dari Infinix ini bisa jadi pilihan. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here