telset

5 Penyebab Ponsel Android Terasa Lemot

Telset.id, Jakarta – Sebelum membeli ponsel Android baru, biasanya hal pertama yang kita lakukan adalah membandingkannya dengan produk pesaing. Entah dari sisi desain, kinerja ataupun harga.

Meski tak melulu menjamin bahwa kinerja yang lebih unggul akan membuatnya lebih unggul. Adakalanya, meski di atas kertas mumpuni dibanding pesaingnya, namun dalam prakteknya tidak demikian. Bahkan cenderung lebih lemot. Kok bisa?

Merangkum dari halaman makeuseof, ada sejumlah faktor penyebab kinerja ponsel Android kurang cihuy. Nah, seimak ulasannya berikut ini:

1. Prosesor

Spesifikasi prosesor diukur dari jumlah core atau clock speed, yang menunjukkan seberapa cepat dan kuat sebuah smartphone. Walaupun punya prosesor sama, tapi kinerja dua ponsel beda merek biasanya tidak sama lantaran ada banyak faktor seperti kualitas bahan, seberapa baik mengoptimalkan sistem operasi dan bagaimana produsen memilih untuk menyiapkan prosesor.

2. RAM

Besaran RAM untuk ponsel Android saat ini antara 4GB hingga 8GB. Namun, itu tidak menentukan kecepatannya. Karena kecepatan dan kinerja ponsel ditentukan oleh caranya mengoptimisasi sistem operasi. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengoptomalkannya.

3. Layar

Banyak jenis layar yang digunakan oleh ponsel Android, seperti OLED dan LCD, resolution, densitas pixel dan sebagainya. Sementara itu layar OLED sering ditasbihkan sebagai teknologi terbaik karena faktor kontrasnya, rentang dinamik dan efisiensi daya. Namun kembali pada kualitas material, tidak semua layar OLED lebih bagus ketimbang LCD.

4. Baterai

Baterai berkapasitas besar belum tentu lebih baik ketimbang yang kecil. Faktor konsumsi daya prosesor dan optimisasi perangkat lunak merupakan hal yang paling menentukan. Ketika baterai semakin lama semakin lemah, Anda perlu memeriksa ruang penyimpanan internal yang semakin menyusut.

5. Kamera

Spek kamera dengan pixel besar tidak menjamin hasil gambar lebih baik. Ada banyak faktor baik perangkat keras maupun lunak yang membuat konsumsi daya dan kinerja kamera lebih baik. Cara paling mudah bandingkan saja hasil jepretannya. [IF]

Source: Nokiafans.id

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0