4 Tips Mudik agar Tetap Asyik dengan Smartphone

Tips mudik

Telset.id – Tradisi mudik sebentar lagi akan dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga di hari lebaran. Untuk melakukan perjalanan mudik, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, selain kondisi badan yang harus sehat dan kendaraan yang harus selalu optimal.

Ya, satu hal yang harus dipersiapkan adalah smartphone. Pasalnya, smartphone akan menjadi “teman” bagi Anda ketika melakukan perjalanan. Tentu Anda ingin tetap terhubung ke media sosial, mengetahui informasi terbaru, sampai bermain game dan menonton hiburan kan?

Nah karenanya, kali ini tim Telset.id akan membagikan tips mudik agar tetap asyik menggunakan smartphone.

Aneka tips mudik yang akan diberikan bisa Anda siapkan sebelum berangkat mudik agar perjalanan Anda menjadi menyenangkan. Yuk simak!

Install Game dan Aplikasi Hiburan

Perjalanan mudik menempuh waktu hingga berjam-jam bahkan lebih dari 1 hari. Terkadang rasa bosan akan melanda apalagi jika terjadi kemacetan. Tetapi, rasa bosan tersebut bisa diatasi dengan smartphone. Anda bisa bermain game dan menikmati aplikasi hiburan yang ada di smartphone Anda.

Tujuannya, agar Anda tidak bosan diperjalanan serta melupakan sejenak rasa haus dan lapar, ketika melakukan perjalanan sambil menjalani ibadah puasa. Ada banyak game dan aplikasi hiburan yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Misalnya saja game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Candy Crush Saga ataupun Super Mario Run.

{Baca juga: Hey Gamers! Ini Cara Download Map Vikendi di PUBG Mobile}

Sedangkan untuk aplikasi hiburan, Anda bisa mengunduh aplikasi streaming online seperti Netflix, iFlix, Youtube dan Spotify. Ketiga aplikasi tersebut menyediakan layanan streaming film dan pemutar musik yang dapat Anda nikmati ketika melakukan perjalanan mudik.

Install Aplikasi GPS

Aplikasi ini dibutuhkan khususnya bagi Anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Aplikasi Global Positioning System (GPS) membantu Anda agar tidak tersesat, dan mengetahui rute yang lebih cepat untuk sampai ke tujuan.

Aplikasi navigasi ini akan memberikan petunjuk arah alamat yang dituju. Caranya, cukup dengan mengetik nama alamat, maka aplikasi ini akan mengarahkan rute mana saja yang harus dilewati supaya sampai tujuan.

Anda bisa mengunduh Google Maps, Waze ataupun Apple Maps. Ketiga aplikasi ini tidak hanya memberi petunjuk mengenai rute perjalanan Anda. Namun, mereka juga memberi gambaran mengenai kondisi jalan yang akan dilalui apakah macet atau tidak, sehingga Anda bisa memutuskan untuk menggunakan rute tersebut atau mencari rute yang lain.

Siapkan Powerbank

Selama mudik, Anda sering kesulitan untuk melakukan pengisian daya baterai smartphone. Akibatnya, ketika Anda sedang asyik bermain game atau menonton film, smartphone Anda tiba-tiba mati karena kehabisan daya.

Untuk itu, kami menyarankan agar Anda menyiapkan powerbank. Tujuannya, agar baterai smartphone tetap terisi, sehingga Anda bisa menikmati aneka fitur di smartphone Anda.

Kami menyarankan untuk membawa powerbank dengan kapasitas 5000 mAh atau 10000 mAh. Sebab, dengan daya yang besar maka Anda bisa melakukan pengisian daya lebih dari 1 kali dengan perangkat tersebut.

{Baca juga: Dua Hal Ini Jadi Musuh Utama Power Bank, Apa Saja?}

Sebelum berangkat mudik, Anda dapat mengisi daya powerbank hingga penuh supaya bisa digunakan secara maksimal. Anda bisa menghidupan fitur hemat baterai di smartphone Anda. Supaya Anda tidak terlalu sering menggunakan powerbank.

Isi Pulsa dan Kouta Internet 

Sebelum mudik, ada baiknya Anda isi pulsa dan kuota internet. Sejak awal Ramadan 1440 Hijriah, ada beberapa operator telekomunikasi yang menawarkan paket internet dan telepon.

Misalnya dari Indosat Ooredoo. Menyambut bulan suci Ramadan, IM3 Ooredoo meluncurkan produk terbaru yakni paket New Freedom IM3 Ooredoo dengan total kouta internet hingga 60GB.

Paket New Freedom hadir dengan berbagai pilihan sesuai kebutuhan. Harga paket mulai dari Rp 25 ribu dengan total kouta 6GB dan bonus telepon 5 menit, Rp 35 ribu dengan kouta 10 GB dan bonus telepon 20 menit dan Rp 50 ribu dengan kouta 20GB dan bonus telepon 30 menit.

{Baca juga: Sambut Ramadan, IM3 Ooredoo Rilis Paket New Freedom}

Selain itu paket Rp 70 ribu kouta 30 GB dan bonus telepon  40 menit, Rp 100 ribu kouta 40 GB dan bonus telepon 60 menit serta Rp 150 ribu kouta 60GB dan bonus telepon 60 menit. Selain Indosat, XL Axiata juga memberikan paket menarik bagi pengguna.

XL Axiata meluncurkan paket Xtra Rejeki yang bakal memberikan “Tunjangan Hadiah Ramadhan” alias THRbagi para pelanggannya. Paket ini tersedia dalam tiga pilihan. Paket 3GB seharga Rp 65 ribu dengan cashback hingga Rp 400 ribu, paket 6GB seharga Rp 125 ribu dengan cashback hingga 800 ribu, dan paket 15GB seharga Rp 200 ribu dengan cashback hingga Rp 1,2 juta. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here