3 Smartphone Gaming Khusus untuk Gamers Hardcore

Smartphone gaming

Telset.id – Bermain game merupakan aktivitas yang disukai orang dari berbagai usia. Tak jarang, pengguna bisa bermain game hingga berjam-jam, karena merasa mendapatkan sensasi menyenangkan dan bisa menghilangkan rasa penat.

Besarnya minat orang bermain game menjadi “kesempatan besar” bagi sebagian besar vendor, khususnya brand smartphone untuk membuat produk yang cocok bagi para gamers.

Mereka menyiapkan smartphone gaming dengan spesifikasi yang mumpuni supaya para gamers bisa memainkan banyak game berkualitas tinggi tanpa adanya kendala yang berarti.

Nah, dalam tulisan kali ini, Tim Telset.id telah merangkum 3 smartphone gaming yang cocok bagi para gamers hardcore.

Ketiganya, memiliki spesifikasi khusus yang memang diperuntukan buat para penggila game agar mereka bisa mengunduh banyak game yang beragam dan tetap nyaman bermain game selama berjam-jam. Berikut 3 smartphone gaming yang cocok bagi gamers hardcore. Check this out!

Razer Phone 2

Razer 2 resmi diluncurkan pada pertengahan Oktober lalu. Smartphone gaming ini memiliki spesifikasi dan fitur yang cocok bagi para gamers yang suka bermain game dalam waktu lama, dan tanpa kendala.

Razer Phone 2 mengusung layar dengan kualitas mumpuni. Bagaimana tidak, smartphone itu menggunakan layar berjenis IGZO LCD buatan Sharp dengan bentang mencapai 5,7 inci dan beresolusi 1.440 x 2.560 piksel. Layar ini, mendukung refresh rate hingga 120 Hz, sehingga menyuguhkan tampilan smooth bagi pengguna.

Razer Phone 2 juga memiliki speaker stereo berkualitas, yang ditempatkan di bezel atas dan bawahnya. Untuk mesin utamanya, Razer Phone 2 memiliki RAM 8 GB dan ROM 64 GB, prosesor octa-core Snapdragon 845, baterai berkapasitas 4,000 mAh dan sistem operasi Android 8.1 Oreo.

Fitur canggih lainnya, Razer Phone 2 memiliki fitur pendingin dengan nama Vapor Chamber Cooling. Sistem ini layaknya pipa penyalur panas yang terbuat dari bahan graphite, yang bertugas untuk mengisolasi panas dengan sangat baik. Pipa ini, didukung oleh partikel nano yang berfungsi sebagai penghalau panas.

Diklaim, Razer Phone 2 punya performa 30 persen lebih baik daripada Razer Phone generasi pertama, berkat bantuan prosesor terbaru dan sistem pendinginan yang canggih. Untuk harganyam Razer Phone 2 dibanderol dengan harga USD 799 atau setara dengan Rp 12 jutaan.

Xiaomi Black Shark Helo

Hampir berdekatan dengan Razer Phone 2, Xiaomi merilis seri smartphone gaming terbaru mereka, yakni Xiaomi Black Shark Helo. Smartphone ini memiliki tiga varian berbeda, yang dibedakan dengan besaran RAM dan memori internalnya.

Masing-masing adalah RAM 6GB dan ROM 128GB, serta RAM 8GB dan ROM 128GG sebagai “versi standar”. Sementara untuk versi tertinggi, smartphone ini disematkan RAM 10GB dan ROM 256GB, yang menjadikannya sebagai smartphone pertama di dunia yang memiliki RAM 10GB.

Di sektor layarnya, Black Shark Helo memiliki layar AMOLED berukuran 6,01 inci beresolusi Full HD+ (1.080 x 2.160 piksel) dan tanpa notch. Layar ini mendukung refresh rate hingga 60 Hz, yang dapat memberikan tampilan smooth kepada penggunanya.

Pada dapur pacu, Xiaomi Black Shark Helo ditenagai oleh SoC Snapdragon 845 dan baterai berkapasitas 4,000 mAh yang mendukung teknologi Quick Charge 3.0. Dengan spesifikasi itu, Black Shark Helo dapat  menjalankan segala proses di atas MIUI 10 berbasis Android 8.1 Oreo, termasuk game berkualitas tinggi.

Black Shark Helo juga mempunyai software khusus gaming di dalamnya. Ada 3 software khusus gaming di smartphone ini, salah satunya adalah Shark Mode.

Dengan fitur ini, smartphone dapat ditingkatkan performanya dan membuat gamers fokus bermain game, karena notifikasi apapun akan diblokir untuk sementara.

Ada juga Gamer Studio, yang memudahkan pengguna untuk mengatur CPU, sentuhan layar, efek suara, tampilan layar, konektivitas, dan parameter pada smartphone lainnya dengan bebas. Software gaming lainnya, ialah Shark Time, yang secara otomatis akan merekam momen menarik atau langka yang terjadi pada game yang dimainkan.

Pada Black Shark Helo juga disematkan sistem pendingin khusus di dalam body-nya. Xiaomi mengklaim, Black Shark Helo merupakan smartphone pertama yang punya dua pipa liquid cooling yang dapat membuat efisiensi termal CPU 20 kali lebih baik, dan mampu menurunkan suhu CPU hingga 12 derajat Celcius.

Dua pipa dengan luas 10.000 mm2 tersebut juga dapat meningkatkan frekuensi maksimum CPU hingga 6 kali lebih baik. Demi memberi kenyamanan Black Shark Helo juga menyediakan aksesoris khusus yang bernama Black Shark Biplane Handle.

Xiaomi sendiri memasang harga Xiaomi Black Shark Helo versi 6GB/128GB mencapai USD 460 atau Rp 6,9 jutaan. Sedangkan untuk versi 8GB/128GB, smartphone ini bakal dibanderol dengan harga USD 505 atau setara dengan Rp 7,6 jutaan. Tetapi untuk versi 10 GB/256 GB pihak Xiaomi belum merilis harganya.

Asus ROG Phone

Jajaran Republic of Gamers dari Asus tidak sebatas hanya laptop, PC ataupun aksesoris game saja, tapi juga merambah ke smartphone. Asus telah memperkenalkan smartphone gaming pertamanya yang masuk ke keluarga ROG, yakni Asus ROG Phone.

Diperkenalkan pada awal Juni lalu, Asus ROG Phone mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dengan aspek rasio 18 : 9. Layar itu mendukung refrest rate hingga 90 Hz, dan memastikan konten pada layar bebas dari blur.

Seperti dua smartphone gaming sebelumnyaROG Phone juga telah ditenagai oleh prosesor octa-core 2.96 GHz Snapdragon 845, RAM GB, ROM 128GB/512GB, serta baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Ada sejumlah teknologi khusus bagi para gamers yang terdapat di ROG Phone. Pertama, teknologi HyperCharge yang memungkinkan baterai smartphone terisi dengan cepat dengan kekuatan mencapai 20W.

Kemudian, GameCool yang bisa menghilangkan rasa panas dari chipset dan mendistribusikannya ke dalam bodysmartphone. Selain itu, ada AeroActive Cooler yang mampu menurunkan suhu permukaan smartphone dan prosesor untuk meningkatkan kinerja ROG Phone.

ROG Phone juga mempunyai aksesoris gaming khusus. Seperti kontroler GameVice, yang dapat ditempelkan di kedua sisi ROG Phone sebagai alat bantu bagi gamers ketika bermain game. Terdapat juga WiGig Dock yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan game pada layar tambahan dengan latensi rendah.

Adapun untuk harganya, Asus ROG Phone dibanderol dengan harga mulai USD 899 atau setara dengan Rp 13 jutaan untuk varian ROM 128GB. Sementara ROM 512GB, Asus melepasnya dengan harga USD 1.099 atau setara Rp 16,6 jutaan.

Sedangkan untuk aksesoris pendukungnya, akan dijual dengan harga beragam. Seperti ROG Mobile Desktop Dock akan dihargai Asus senilai USD 229,99 atau sekitar Rp 3,4 jutaan. Lalu, ROG TwinView Dock dibanderol USD 399,99 atau Rp 6 jutaan. Untuk ROG Gamevice Controller, Asus melepasnya senilai USD 89,99 atau Rp 1,3 jutaan.

So para gamers, manakah smartphone gaming yang akan Anda pilih sebagai daily driver dan sebagai perangkat untuk mendukung aktivitas gaming Anda? (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here