telset

3 Gadget Ini Telah Mengubah Dunia

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi terus menunjukkan perkembangan yang susah dibendung. Hal ini terlihat dari beberapa hal contoh, hadirnya internet yang kini secara langsung mengubah gaya hidup masyarakat dunia.

Tidak hanya itu, ada ribuan teknologi terutama salah satunya keberadaan gadget yang ternyata juga dapat mengubah dunia. tidak hanya mengubah dunia namun mengubah gaya hidup masyarakatnya juga.

Nah, dalam kesempatan kali ini, tim Telset.id akan membahas 3 gadget yang ternyata, disadari atau tidak disadari telah mengubah dunia. Nah, penasaran bukan apa saja gadget tersebut?

[Baca Juga : 4 Smartphone Android One yang Beredar di Indonesia]

Jika penasaran, silahkan simak 3 gadget yang ubah dunia, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

iPhone

Kata smartphone kini sudah menjadi sebuah kata yang sering disebut dalam kehidupan keseharian kita. Akan tetapi, kata ini ternyata bukan sebuah kata yang populer sebelum tahun 2007, atau sebelum iPhone pertama kali diluncurkan.

Harus diakui, sebelum adanya iPhone, terdapat beberapa gadget lain seperti Personal Digital Assistant (PDA) sudah ada di kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, gadget ini tidak dapat digunakan oleh masyarakat kebanyakan dikarenakan PDA memang ditujukan untuk para pebisnis.

Lain halnya dengan iPhone. Perangkat ini memang dirancang khusus untuk digunakan oleh masyarakat umum. Di dalamnya, memiliki banyak fungsi seperti aplikasi harian, browser, game, dan aplikasi yang membantu kehidupan harian laiinya.

Belum lagi tertanam kemampuan internet di dalam perangkat teresebut. Maka tak heran, iPhone pun disebut sebagai salah satu gadget yang mengubah dunia.

MP3 Player

 

Pernahkan Anda bayangkan jika teknologi MP3 Player tidak pernah ditemukan? Ya, pastinya Anda kini masih membawa radio Boom Box atau CD Player kemanapun Anda berpergian.

Begitu pula aplikasi pemutar musik di smartphone Anda, yang mungkin tidak akan sama seperti sekarang ini.

Adalah peneliti dari Elger Labs, yang pertama kali memperkenalkna MP3 Player ke khalayak dunia untuk pertama kalinya pada 1998. Menyandang nama MPMAN F10, perangkat yang diberi harga USD 120 (sekitar Rp 1,6 juta mata uang saat ini) ini memiliki memori internal hingga 32MB!

Para penikmat musik berbondong-bondong beralih dari pemutar CD Player ke gadget yang berfungsi sebagai pemutar musik ini. Alasannya, mereka bisa mendengarkan lagu apapun yang mereka suka.

Namun, semenjak MP3 Player menjadi booming di dunia, tingkat pembajakan pun mulai meningkat. Semua orang secara bebas mendapatkan lagu yang mereka sukai.

Melihat celah ini, Apple pada 2001 mengeluarkan perangkat mereka, yakni iPod. Kala itu, Apple menawarkan para pengguna untuk mendengarkan seluruh koleksi lagu mereka secara legal melalui iTunes, sebuah layanan berbayar milik Apple.

Intel pun ikut-ikutan mengeluarkan MP3 Player mereka, berupa Intel Pocket Concert pada tahun yang sama. Kedua perangkat ini sama-sama memiliki penyimpanan 128MB serta memiliki rentang harga yang sama, yakni di kisaran USD 200 atau sekitar Rp 2,7 juta.

Jadi, tak heran jika MP3 Player masuk dalam jajaran gadget yang telah mengubah dunia.

Game Boy

Nintendo Switch saat ini menjadi gadget gaming handheld paling laku sedunia. Betapa tidak, perangkat tersebut merupakan salah satu gadget gaming handheld paling bertenaga yang ada di pasaran.

Memang, selama ini ada PlayStation dengan PSP dan PS Vita mereka. Akan tetapi, kedua perangkat tersebut kini sudah menjadi ‘sejarah’.

Namun, kita sebenarnya harus berterima kasih kepada salah satu gadget gaming handheld legendaris, yakni GameBoy milik Nintendo. Hal ini dikarenakan jika gadget ini tidak pernah diciptakan pada 1989 lalu, maka seluruh gadget gaming handheld ini mungkin tidak akan tercipta.

Oh iya sekedar informasi, perangkat Game Boy generasi pertama ini sangat sukses di pasaran. Sekitar 118,69 juta Game Boy telah terjual hingga pada akhirnya Nintendo memberhentikan produk tersebut. [NC/MS]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0