Bukan Prank, YouTuber Ini Bikin Masker Canggih Seperti Robot

Telset.id, Jakarta – Mengenakan masker memang membuat kita sebagai pemakainya merasa kurang nyaman, karena mulut dan hidung akan tertutup dalam durasi cukup lama. Namun, seorang YouTuber punya solusi unik dengan menciptakan masker canggih yang bisa buka tutup otomatis seperti robot. Bagaimana caranya?

Dilaporkan Ubergizmo, channel YouTube bernama Design Maker menciptakan masker dengan teknologi canggih. Pada video, YouTuber itu menjelaskan proses pembuatannya, di mana merupakan hasil kreasi dengan bahan dasar berupa masker biasa yang banyak ditemui di pasaran.

Namun dengan kreativitasnya, Design Maker menambahkan komponen elektronik dan sensor khusus. Hasilnya, masker canggih tersebut bisa buka tutup otomatis mengikuti kondisi lingkungan sekitar, mirip seperti robot.

{Baca juga: Pengguna iPhone Tak Perlu Lepas Masker untuk Buka Face ID}

Ketika pemakai berada di suasana yang ramai, masker akan tertutup. Begitu juga sebaliknya, masker akan terbuka ketika lingkungan dirasa aman. Tujuannya, agar pengguna bisa tetap nyaman menggunakan masker dan sirkulasi udara di mulut dan hidung bisa lancar kembali.

Akan tetapi, masker canggih buatan Design Maker ada kekurangannya. Kekurangan yang dimaksud adalah bobotnya yang beras, meski bisa digunakan lebih dari sekali.

Dikutip Telset.id pada Jumat (22/05/2020), video Design Maker tersebut telah ditonton lebih dari 50 ribu kali.

Banyak orang yang berusaha membuat masker inovatif untuk melawan Covid-19. Misalnya, peneliti dari University of Kentucky sedang berupaya menciptakan masker pembunuh virus corona dan bisa menetralkan virus setelah kontak.

Cara peneliti menghadirkan masker wajah pembunuh corona cukup simpel. Mereka membuat filter antara hidung dan mulut serta udara luar tempat virus corona berada.

{Baca juga: Peneliti Ciptakan Masker Pembunuh Virus Corona}

Tidak hanya filter dalam masker buatan para peneliti yang memiliki lubang berukuran terlalu kecil bagi virus untuk masuk ke dalam sistem pernapasan pengguna. Namun, bahan masker akan langsung membunuh virus corona. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI