YouTube Resmi Gunakan HTML5 Untuk Streaming Video

youtubeJAKARTA – Buat penggemar Youtube, ada sesuatu yang Anda harus ketahui, mulai kemarin secara default Youtube telah mulai streaming video HTML5. Apa maksudnya?

Mengutip dari techcrunch, Kamis (29/01/2015), video HTML5 adalah jenis video yang dipakai di semua browser modern, termasuk Chrome, IE 11, Safari 8 dan Firefox versi beta terbaru. Dukungan terhadap video HTML5 pertama kali diperkenalkan Youtube jauh hari di tahun 2010.

Saat itu streaming video HTML5 di Youtube masih bersifat ujicoba. Kini setelah beberapa tahun berjalan dan HTML5 telah menjadi standar yang dipakai secara luas, para pemilik browser mulai menambahkan berbagai fitur baru yang sebelumnya tidak bisa dijalankan tanpa bantuan HTML5.

Demikian halnya dengan Youtube, yang juga menambahkan dukungan untuk Adaptive Bitrates. Teknologi yang menggunakan Adaptive Bitrates memungkinkan Youtube untuk bisa live-streaming video ke Chromecast dan konsol game, seperti Xbox dan PS4.

Ada pula fitur Encrypted Media Extensions yang ada di HTML5. Fitur ini cukup mengundang kontroversi bagi komunitas web standar karena mampu mengaktifkan DRM support di dalam web browser.

Manager engineering Youtube, Richard Leider, mengungkapkan bahwa fitur ini sesungguhnya menjadikan Youtube bisa dilihat hanya dengan menggunakan satu video player untuk seluruh platform yang jumlahnya sangat beragam. Dengan demikian konten Youtube yang Anda putar akan lebih cepat dan mulus.

Nah, jika esok hari Anda mendapati streaming video konser band favorit Anda di Youtube terasa lebih lancar dan mulus, itu adalah pengaruh penggunaan HTML5.(MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0