YouTube Akhirnya Tampilkan Resolusi 4K di Browser Safari

Penghasilan YouTuber Indonesia

Telset.id, Jakarta – YouTube akhirnya menampilkan video beresolusi 4K di browser alias peramban atau browser Safari. Kepastian ini didapat setelah kehadiran beta terbaru macOS Big Sur.

Apple memang melengkapi komputer Mac dengan tampilan resolusi tinggi. Sebagai misal iMac, yang menampilkan monitor 5K.

Monitor tersebut termasuk sesuatu yang tidak bisa dibanggakan oleh desktop lain. Akan tetapi, saat memutar video YouTube di Safari, monitor itu tidak mendukung pemutaran 4K

{Baca juga: Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi}

Masalah tersebut sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Akibatnya, para pengguna komputer Mac merasa jengkel dan kecewa.

Namun, setelah bertahun-tahun menunggu, pengguna akhirnya mendapatkan kabar baik. Beta terbaru macOS Big Sur disebutkan akan memungkinkan pemutaran 4K di Safari.

Menurut laporan Ubergizmo, dikutip Telset.id, Kamis (6/8/2020), versi final macOS Big Sur ini kemungkinan bakal resmi meluncur pada akhir tahun.

Pertanyaannya, kenapa selama ini Safari tidak bisa memutar video YouTube resolusi 4K? Semua gara-gara codec yang membatasi video di 1440p. Google memilih untuk menggunakan codec VP9 daripada codec H.264 milik Safari.

Akibatnya, video yang diputar langsung dari YouTube dibatasi di 1440p. Karenanya, 1440p bukanlah resolusi yang buruk. Faktanya, video 1080p di layar 4K cukup baik, tetapi memberi pengguna pilihan selalu merupakan hal yang baik.

Sekali lagi, perubahan tersebut akan hadir dalam versi final macOS Big Sur pada musim gugur tahun ini. Kalau Anda memiliki Mac yang memenuhi syarat untuk pembaruan, kabar ini jelas merupakan sesuatu yang dinanti-nantikan.

{Baca juga: September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas}

Pembaruan sistem operasi pada Mac nyatanya tidak hanya memungkinkan pengguna mendapatkan tampilan terbaik dari YouTube. Sebelumnya, dikabarkan pula bahwa hal itu berpotensi melindungi perangkat dari peretasan.

Hal ini terkait dengan cacat yang dimiliki Microsoft Office, dimana disebutkan bahwa itu memungkinkan peretas mengambil alih komputer Mac. [SN/IF]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here