telset

XL Targetkan 6 Juta Pelanggan Baru Selama Ramadhan

Jakarta – Operator telekomunikasi XL Axiata berharap bisa memanfaatkan moment Ramadhan untuk meningkatkan jumlah pelanggannya. Dengan mengandalkan program promo yang baru diluncurkan, XL Ampuh, mereka berharap bisa menambah sekitar 6 juta pelanggan baru.

Melalui program XL Ampuh yang baru diluncurkan ini, kami harapkan bisa menambah pelanggan baru hingga 20 persen atau sekitar 5-6 juta pelanggan, ujar Vice President Customer Experience Enhancement Asni Junita di acara Lounching Program Ramadhan XL di FX Plaza, Jakarta, Senin (25/7).

Asni mengakui, target yang dicanangkan untuk tahun ini tidak seoptimis tahun lalu, dimana pada tahun 2010 lalu XL berhasil mancatat pertumbuhan pelanggan baru hingga 30 persen selama Ramadhan.

“Target tahun ini memang tak sebesar pencapaian tahun lalu yang berhasil mencatat pertumbuhan 30 persen. Harus diakui, tahun lalu pasar untuk program-program seperti ini lebih besar dibandingkan tahun ini,” jelas Asni. “Kami memang untuk tahun ini tidak ingin terlalu muluk-muluk, lebih realistis sajalah,” ucapnya lagi.

XL memang sangat berharap moment Ramadhan ini bisa mendongkrak jumlah pelanggannya. Saat ini, dari total 40 juta pelanggan XL, 99 persen atau 39 juta diantaranya merupakan pelanggan prabayar. Sementara satu persennya atau sekitar 350 hingga 400 ribu merupakan pelanggan pascabayar.

Sementara itu, untuk mengantisipasi peningkatan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2011, XL telah meningkatkan kapasits jaringannya hingga dua kali lipat. Pada periode ini trafik komunikasi XL diperkirakan mencapai 30 persen.

“Saat Ramadhan dan Lebaran biasanya lonjakan trafik mencapai 30 persen dibanding hari biasa. Untuk itu kami siapkan kapasitas hingga dua kali lipat,” kata Vice President Network Operation Center XL Robert Dedi Purwanto.

Dijelaskan Dedi, trafik percakapan di saat normal mencapai 530 juta menit per hari, trafik SMS 630 juta SMS per hari, sedangkan trafik data internet mencapai 33 terabytes. Kapasitas yang dimiliki XL pada kondisi normal mampu menghandle trafik harian.

Menurutnya, selama Ramadhan dan Lebaran seluruh layanan diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga sekitar 30 persen. Untuk memastikan kenyamanan komunikasi pelanggan, XL akan menyiapkan kapasitas agar mampu menampung hingga 1,26 miliar SMS per hari, menangani 1,06 miliar menit percakapan, dan trafik data hingga 66 terabytes.

Dedi mengungkapkan, pertumbuhan data diperkirakan mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini, kapasitas data XL mencapai 36 TB dan akan ditingkatkan menjadi 66 TB ” Kami akan meningkatkan kapasitas apabila tingkat utilitas telah mencapai 70 persen,” jelasnya.

Peningkatan kapasitas juga akan dilakukan untuk layanan voice atau SMS. Menurut Dedi, kapasitas akan ditingkatan apabila tingkat utilitas telah mencapai 60 persen. ”Di sini kami tentu saja tidak menunggu sampai utilitas sampai 60 persen. Kami akan terus memantau, kalau menurut prediksi kami kapasitas harus segera ditingkatkan, ya kami tingkatkan,” terangnya. [hbs]{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0