XmartCity Yogyakarta Sediakan Aplikasi Layak Anak

XL Aplikasi Lakak AnakJAKARTA – Sebagai bagian dari Program XmartCity di Yogyakarta, XL ikut mendorong masyarakat setempat memanfaatkan teknologi digital, untuk mendukung program Kota Layak Anak di Kota Gudeg tersebut.

Salah satu problem sosial yang terjadi di berbagai daerah adalah menyangkut anak dan wanita. Seperti misalnya bagaimana mendorong masyarakat untuk mampu menyediakan lingkungan yang layak untuk berkembangnya anak.

“Visi XL sangat jelas, yaitu kami membangun layanan ini untuk membantu masyarakat dalam usaha mengatasi berbagai masalah sosial melalui teknologi digital, dalam hal ini wanita dan anak anak,” kata Direktur Digital Services, Ongki Kurniawan.

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta disebutnya siap mengaplikasikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Untuk itu, XL mendukung ajakan Pemkot Yogyakarta untuk mengimplementasikan program Kota Layak Anak.

Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogyakarta berencana menambah 21 kampung ramah anak pada tahun ini, sehingga jumlahnya menjadi 136 kampung hingga akhir tahun.

Layanan bernama “Layak Anak” ini XL wujudkan dalam format website www.layakanak.org dan aplikasi dengan nama yang sama. Masyarakat Yogyakarta bisa mengunduh aplikasi ini melalui playstore.

Pada website ini terdapat sejumlah fitur, antara lain adalah informasi mengenai keberadaan kampung ramah anak, agenda pokok dan rutin menjamin kesehatan anak, statistik layak anak, serta berita seputar layak anak.

Pada fitur informasi Kampung Ramah Anak (KRA), masyarakat akan bisa mengetahui di mana saja kampung-kampung ramah anak berada. Dengan informasi ini, maka masyarakat bisa saling mengenal, bertukar pengetahuan dan pengalaman.

Pada fitur agenda kesehatan anak, masyarakat terutama para orang tua, bisa mengatur agenda rutin dan pokok guna menjamin kesehatan putra-putrinya. Misalnya jadwal berkunjung ke Posyandu, suntik campak, BATITA, dan periksa gigi.

Sementara pda bagian informasi berita, masyarakat bisa menyimak berita-berita terbaru mengenai tema anak dan wanita.

Layanan ini disiapkan oleh AMIKOM dan XL selama kurang lebih 8 bulan. Semua isi yang ada di website maupun aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama antara XL, Pemkot, dan PKK Yogyakarta, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI