XL Prediksi Trafik Internet Naik 30% Saat Lebaran 2019

Telset.id, Banyuwangi – Operator seluler XL Axiata memprediksi pola penggunaan layanan data di hari raya Idul Fitri akan sama seperti tahun sebelum. Layanan internet masih menjadi favorit pengguna. Diprediksi trafik internet meningkat 30% saat Lebaran 2019.

Head of Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah mengatakan bahwa selama Ramadhan hingga lebaran penggunaan data mencapai 7000 terabyte (TB).

Namun angka tersebut bisa bertambah di tahun ini. Pasalnya trafik penggunaan data di hari biasa saja sudah mencapai 9300 TB.

“Sehingga diprediksi akan terjadi kenaikan sebesar 30% di hari lebaran  nanti ” ujar Hamzah di acara Media Gathering, Hotel Dialoog, Banyuwangi Kamis (05/04/2019).

{Baca juga: Jangkau Area Terluar, XL akan Gunakan Palapa Ring}

Hamzah menjelaskan bahwa pola penggunaan data selama lebaran 2019 akan berfokus pada layanan aplikasi streaming dan games sebesar 67,7%, aplikasi pesan singkat sebesar 16,8%, aplikasi media sosial 14,6% dan 0,9% lain-lain.

“Dominannya di streaming dan games. Mungkin mereka sedang macet mereka menonton film atau bermain games,” kata Hamzah.

Saat arus mudik dan lebaran, diprediksi akan ada jalur-jalur baru yang mengalami peningkatan trafik. Sepertinya tol Trans Jawa, Trans Sumatera, non tol Pantura, Kereta Api dan tempat Wisata akan mengalami kenaikan.

“Tempat-tempat wisata akan mulai mengalami kenaikan trafik mulai di H+2,” tutur Hamzah.

XL sudah siap menghadapi lonjakan trafik tersebut. Hamzah mengaku jika pihaknya  telah melakukan berbagai persiapan seperti melakukan uji kelayakan jaringan di area penting seperti Bandara, Rest Area Tol, Terminal Bus dan Stasiun, serta menurunkan Tim Siaga untuk memantau kondisi jaringan di lapangan.

“Tim Siaga melakukan live monitoring performasi jaringan selama Mudik dan lebaran ini,” tambah Hamzah.

{Baca juga: XL Siapkan Capex Rp 7,5 Triliun untuk Jaringan Data di Luar Jawa}

Terakhir trafik jaringan telepon dan juga Short Message Service (SMS) di hari raya tahun ini juga mengalami kenaikan. Trafik jaringan telepon  diprediksi naik 5% dan SMS naik sekitar 10% dibandingkan tahun lalu.

“Layanan telepon dan SMS diprediksi naik karena di hari biasa pada tahun 2019 saja, trafik telepon bisa mencapai 4,1 juta menit dan SMS mencapai 71,2 juta pesan,” tutup Hamzah. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI