XL Prediksi Trafik Data Naik 10% Saat Pilpres 2019

Telset.id, Jakarta – Pemilihan Umum (Pilpres 2019) akan berpengaruh pada peningkatan trafik komunikasi. Operator seluler XL Axiata (XL) memprediksi trafik data akan naik sekitar 5% hingga 10% pada hari ‘pencoblosan’, yakni tanggal 17 April 2019.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya memprediksi bahwa kenaikan trafik data terjadi di layanan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Selain media sosial, Yessie juga memperkirakan kenaikan trafik juga akan terjadi disejumlah layanan pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram dan LINE.

Pihak XL telah mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, dengan menguatkan jaringan di sejumlah wilayah. Hal itu dilakukan agar komunikasi masyarakat tetap berjalan lancar selama pesta demokrasi berlangsung.

“Kami sudah melakukan langkah antisipatif dalam rangka Pilpres 2019 ini. Kebetulan, karena ini berdekatan dengan bulan Ramadhan lalu Lebaran, maka kami antisipasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran,” ujar Yessie, dalam keterangan yang diterima Telset.id, Minggu (14/04/2019).

{Baca juga: Industri Telko Lesu, Pendapatan XL Axiata Naik 0,4 %}

Yessie menyebutkan bahwa penguatan jaringan juga dilakukan di beberapa titik di Jakarta, seperti Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tujuannya supaya tidak ada hambatan ketika proses perhitungan ataupun kegiatan adminstrasi terkait pemilu 2019 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1,” tambah Yessie. 

Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota-kota besar, terutama Ibu Kota Jakarta dan Kota Penyangga sekitarnya  seperti Bogor, Depok, Tangerang,  Bekasi serta ibukota-ibukota provinsi.

{Baca juga: XL Prediksi Trafik Internet Naik 30% Saat Lebaran 2019}

Kota-kota kecil juga akan mengalami kenaikan sepanjang pemilu berlangsung. Selain trafik data, trafik untuk voice dan Short Message Service (SMS) diprediksi akan mengalami kenaikan hingga 3%.

Selama ini trafik normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 Terabyte (TB), voice sekitar 4 juta menit dan 71 juta untuk SMS. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here