telset

XL Kembangkan Proyek Komputasi Awan

 

Jakarta – Melihat trend dalam pemanfaatan teknologi komputasi awan, operator telekomunikasi XL Axiata menjalin kemitraan proyek pengembangan layanan komputasi awan (cloud solution) dengan 6 mitra bisnisnya, yakni Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft.

Latar belakangnya penyelenggaraan layanan cloud ini merupakan salah satu bentuk keseriusan XL terhadap layanan data. Kami percaya bahwa permintaan layanan data akan terus tumbuh di Indonesia, kata Direktur Teknologi, Content & New Business XL , Dian Siswarini di Jakarta, Jumat (9/3).

Dijelaskan Dian, salah satu peluang bisnis terhadap layanan data yang berkualitas terdapat di bisnis solusi komputasi awan. Masuknya XL pada bisnis komputasi awan ini menunjukkan bahwa XL terus melakukan inovasi bisnis baru, termasuk di data, jelasnya.

Menurutnya, mitra-mitra yang yang mengikat kerjasama dengan XL ini merupakan para pemimpin teknologi di bidang IT baik pada skala nasional maupun internasional. Dan bersama dengan XL yang memiliki kekuatan di sisi brand dan jumlah pelanggan, sinergi ini diharapkan dapat menangkap peluang di bisnis komputasi awan ini.

Dian mengakui, edukasi tentang manfaat dari komputasi awan memang masih perlu dilakukan bagi masyarakat sehingga mereka akan lebih memahami manfaat dari solusi komputasi awan ini. Ketakutan bahwa data yang disimpan di solusi komputasi awan tidak aman masih sangat sering terdengar, tutur Dian.

Karena itu, lanjut Dian, melalui kolaborasi ini, XL beserta semua mitra juga akan menjalankan suatu program untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan solusi komputasi awan di Indonesia. Melalui kolaborasi, tantangan yang ada akan terasa lebih ringan dan hasilnya akan lebih efektif, pungkasnya.

Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech dan Mandawani akan memberikan support di bidang Infrastructure as a Services (IaaS). Layanan mereka nantinya akan dikembangkan ke arah Platform as a Services (PaaS) maupun Software as a Services (SaaS). Sedangkan Microsoft akan fokus ke layanan Software as a Services (SaaS).

IaaS meliputi penyediaan layanan IT infrastruktur secara terintegrasi. Sementara PaaS merupakan layanan di mana XL menyiapkan seperangkat piranti lunak beserta pendukungnya bagi para developers dan para programmer untuk mengembangkan aplikasi yang mereka akan buat.

Melalui penandatangan MoU ini, XL siap untuk meluncurkan layanan cloud yang tidak terbatas kepada para pelanggan XL saja, melainkan juga terbuka bagi para pelaku bisnis dan konsumen yang belum menggunakan layanan XL. Peluncuran layanancloud ini akan dilaksanakan Mei 2012 mendatang. [hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0